DECEMBER 9, 2022
Internasional

Dewan Gereja se-Dunia Desak Israel Hentikan Pendudukan dan Akui Hak Rakyat Palestina

image
Warga melintas di antara bangunan yang hancur di permukiman Shujaiya, Gaza, Palestina 11 Juli 2024. (ANTARA FOTO/Xinhua/Abdul Rahman Salama/tom.)

ORBITINDONESIA.COM - Dewan Gereja-gereja se-Ddunia (WCC), Jumat 2 Agustus 2024 mendesak Israel menghentikan pendudukan dan mengakui hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib mereka sendiri.

Sekretaris Jenderal WCC, Jerry Pillay kembali menegaskan, WCC kerap menyerukan diakhirinya pendudukan; untuk keadilan, perdamaian, kesetaraan hak asasi manusia, dan martabat bagi semua.

Ia juga menyerukan pengakuan hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib mereka sendiri.

Baca Juga: Jusuf Kalla: Rakyat Indonesia Berduka Cita Atas Wafatnya Ismail Haniyeh dan Senantiasa Dukung Perjuangan Palestina

“WCC telah menyarankan langkah-langkah ini sebagai satu-satunya jalan yang layak untuk perdamaian yang adil dan berkelanjutan di kawasan,” kata Pillay melalui pernyataan pers.

“Sikap ini ditegaskan oleh Sidang Umum WCC ke-11 pada 2022 yang digelar di Karlsruhe, Jerman”.

“Meskipun begitu, semua negara yang berkomitmen pada supremasi hukum dalam menyelesaikan konflik dan mendorong perdamaian dan hak asasi manusia dan semua orang yang beritikad baik, harus memanfaatkan kesempatan dari Opini Hukum yang diberikan pengadilan hukum tertinggi PBB untuk menggalang kembali upaya resolusi ketidakadilan dan sumber konflik yang sudah berlangsung lama ini,” katanya. ***

Berita Terkait