DECEMBER 9, 2022
Internasional

The New York Times: Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Diyakini Tewas oleh Bom yang Diselundupkan di Teheran

image
Arsip - Kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh. (ANTARA/Anadolu/pri)

ORBITINDONESIA.COM - Pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh tewas akibat ledakan bom yang diselundupkan dua bulan sebelumnya di tempat dia menginap di Teheran, The New York Times (NYT) melaporkan pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Laporan NYT tentang tewasnya Ismail Haniyeh tersebut mengutip seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya, dua pejabat Iran, dan lima pejabat Timur Tengah.

Ismail Haniyeh dibunuh pada Rabu dini hari, 28 Juli 2024, di dalam kamar tempat dia menginap di sebuah kompleks yang dikelola oleh Garda Revolusi Iran (IRGC) ketika dia mengunjungi Teheran untuk menghadiri pelantikan presiden. Seorang pengawalnya juga tewas dalam ledakan tersebut.

Baca Juga: Beberapa Anggota Dewan Keamanan PBB Kutuk Pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh oleh Israel

Bom tersebut diledakkan dari jarak jauh, menurut para pejabat. Ledakan itu mengguncang bangunan, menghancurkan beberapa jendela, dan meruntuhkan sebagian dinding luar, menurut dua pejabat IRGC.

Israel biasanya tidak mengaku bertanggung jawab secara terbuka atas pembunuhan yang mereka lakukan di Iran. Namun, Hamas, pejabat Iran, dan beberapa pejabat AS mengonfirmasi bahwa Israel bertanggung jawab atas pembunuhan Haniyeh.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada Rabu bahwa pemerintahnya tidak mengetahui sebelumnya tentang rencana pembunuhan Haniyeh.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Tidak Bisa Ditoleransi

Dua pejabat Iran mengatakan mereka tidak tahu bagaimana atau kapan bom tersebut ditanam di kamar Haniyeh.

Mereka mengatakan pemimpin Jihad Islam Palestina, Ziyad al-Nakhalah, menginap di kamar sebelah yang tidak terlalu rusak oleh ledakan, yang menunjukkan bahwa Haniyeh memang sengaja dijadikan target.***

Sumber: Antara

Berita Terkait