DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Pilkada Papua Barat: Kerukunan Keluarga Kawanua Manokwari Deklarasi Dukung Dominggus Mandacan

image
Dominggus Mandacan (kanan) menyaksikan penandatangan dukungan dari relawan Keluarga Kawanua Manokwari di Manokwari, Sabtu 13 Juli 2024 malam. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Kerukunan Keluarga Kawanua Sulawesi Utara Kabupaten Manokwari, Papua Barat, mendeklarasikan dukungan kepada Dominggus Mandacan dan Mohamad Lakotani di Pilkada 2024.

Deklarasi tersebut diselenggarakan di salah satu hotel di Manokwari, Sabtu 13 Juli 2024 malam, yang turut dihadiri oleh petahana Dominggus Mandacan dan Mohamad Lakotani.

"Kami siap bekerja untuk memenangkan Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani menjadi gubernur-wakil gubernur periode 2024-2029," kata Ketua relawan Kawanua Manokwari Brury Gerungan.

Baca Juga: Tokoh Adat Papua Yanto Eluay Ajak Seluruh Pihak Pererat Toleransi Umat Beragama di Jayapura

Menurutnya, Dominggus terbukti merealisasikan pembangunan di Papua Barat periode pertama kepemimpinannya 2017-2021, sehingga layak kembali dipilih.

Keberhasilan pembangunan yang dimaksud tidak hanya terletak pada infrastruktur fisik melainkan sumber daya manusia.

"Figur Dominggus-Lakotani juga berhasil menciptakan kerukunan antarumat beragama,” kata Brury.

Baca Juga: Brigadir Jenderal TNI Luqman Arief Berangkatkan Yonif 642/Kps Bertugas ke Perbatasan RI - Papua Nugini

Dominggus Mandacan mengapresiasi dukungan dari relawan Kawanua.

Kehadiran relawan Kawanua akan menambah kekuatan kerja partai politik yang telah mengeluarkan rekomendasi dan surat tugas untuk maju dalam Pilkada 2024.

"Terima kasih banyak sudah memberikan dukungan dengan sukarela tanpa pemaksaan," kata Dominggus.

Baca Juga: Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere Keluarkan Instruksi Gerakan Dua Hari Tanpa Konsumsi Nasi

Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani sudah mengantongi surat rekomendasi maju Pilkada 2024 dari Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Mereka juga telah menerima surat tugas yang dikeluarkan oleh dua partai politik yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat.

"Saya upayakan surat tugas itu menjadi rekomendasi. Upaya komunikasi dengan partai lain yang punya kursi terus dilakukan," ujar Dominggus.

Baca Juga: Pilkada Papua Barat: Kawanua Manokwari Deklarasikan Dukungan Bagi Pasangan Dominggus - Lakotani

Ada 13 partai politik yang meraih kursi DPRP Papua Barat meliputi Partai Golkar dan PDI Perjuangan masing-masing tujuh kursi, NasDem lima kursi, kemudian PKB, Gerindra, Demokrat, dan PAN sama-sama mendapat tiga kursi, Perindo dua kursi, PKS dan PPP masing-masing satu kursi.

Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani telah mendapat dukungan delapan kursi dari NasDem, Perindo, dan PPP. ***

Berita Terkait