DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Wali Kota Karachi Murtaza Wahab Ingin Meniru Mal Pelayanan Publik di Jakarta

image
Tangkapan layar Wali Kota Karachi, Pakistan, Murtaza Wahab berkunjung ke mal pelayanan publik (MPP) di Setiabudi, Jakarta Selatan, seperti disaksikan dalam tayangan video Layanan Jakarta, Minggu 7 Juli 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Wali Kota Karachi Pakistan, Murtaza Wahab, ingin segera meniru mal pelayanan publik atau pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) Pemerintah Provinsi Jakarta.

"Ini inisiatif bagi warga Jakarta dan kami berharap dapat mereplikasi dan menerapkannya di kota-kota negara kami," kata Murtaza dalam tayangan video melalui akun YouTube Layanan Jakarta, di Jakarta, Minggu 7 Juli 2024.

Murtaza menilai, PTSP  menjadi solusi terbaik yang dapat ditawarkan kepada calon investor untuk menjalankan bisnisnya di kota yang dituju.

Baca Juga: Wali Kota Gibran: Solo Gandeng India Bangun Kerja Sama Teknologi, Termasuk Artificial Intelligence

Murtaza yang berkunjung ke mal pelayanan publik (MPP) di Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Selasa 2 Juli itu juga didampingi Wali Kota Sukkur, Wali Kota Turbat, dan Wali Kota Kashmir.

Mereka tengah belajar tentang layanan administrasi publik yang dapat diterapkan di kota mereka masing-masing.

Murtaza kemudian menilai layanan, PTSP akan mempermudah investor karena tersedia semua fasilitas penting untuk urusan perizinan sehingga  tak harus pergi ke kantor pemerintah yang berbeda-beda.

Baca Juga: Masih Wali Kota Solo, Gibran Rajin Blusukan di Jakarta: Bagi Susu dan Buku

"Jadi jika ada kantor terpusat di mana mereka (investor) bisa datang untuk berbagi permasalahannya dan mendapatkan solusinya, ini bisa menjadi cara terbaik memudahkan investor," kata Murtaza.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPSTP) DKI Jakarta Benni Aguscandra mengatakan mal pelayanan publik terus dikembangkan untuk menjamin kepastian, akuntabilitas, dan transparansi.

"Tujuan besarnya adalah urus izin sendiri itu mudah,” kata Benni. ***

Berita Terkait