DECEMBER 9, 2022
Internasional

Satupena Akan Hadirkan Wartawan Senior Nasir Tamara, Diskusikan Mengapa Perang Timur Tengah Makin Membara

image
Obrolan Hati Pena #135 tentang Timur Tengah (Foto: Satupena)

ORBITINDONESIA.COM - Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA akan mendiskusikan masalah perang di Timur Tengah yang makin membara, dengan narasumber wartawan senior sekaligus pengamat Timur Tengah, Nasir Tamara.

Obrolan Hati Pena #135 tentang Timur Tengah itu akan berlangsung di Jakarta, Kamis malam, 6 Juni 2024, pukul 19.00-21.00 WIB. Diskusi itu akan dipandu oleh Anick HT dan Swary Utami Dewi.

Tema diskusi pekan ini dipicu oleh situasi kritis di Gaza, Palestina, dan pengaruhnya di kawasan Timur Tengah umumnya. Menurut panitia diskusi, tak ada lagi tempat aman bagi warga Palestina.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Bagus M. Adam: Buku Digital Bukan Pengganti Buku Cetak, Tetapi Keduanya Saling Melengkapi

Rafah, yang dianggap sebagai safe zone dan menjadi tempat berlindung 1,2 juta penduduk Gaza, dibombardir oleh Israel. Militer Israel menjatuhkan rudal dan tujuh bom seberat 900 kg di kamp pengungsian.

Seruan All Eyes on Rafah berkumandang di media sosial. Tujuannya mengajak orang-orang untuk menaruh perhatian lebih terhadap kondisi masyarakat Gaza di Rafah.

Dunia mengutuk keras. Ironinya, Amerika menganggap serangan ini masih bisa dianggap wajar.

Baca Juga: Satupena Akan Hadirkan Asvi Warman Adam, Diskusikan Indonesia Pasca Drama Pergantian Presiden

Konon, serangan tersebut dilakukan untuk membunuh anggota Hamas yang menurut militer Israel sedang berada di kamp pengungsian Tal as-Sultan. Faktanya, justru warga sipil yang paling terdampak dari ledakan itu.

Sementara itu, Iran meluncurkan lebih dari 200 drone dan rudal ke Israel dan sebagian besar dari proyektil tersebut telah dicegat oleh sistem pertahanan udara dan bantuan dari Sekutu.

Serangan Iran ini adalah serangan balasan setelah konsulat Iran di Damaskus diserang Israel pada 1 April lalu.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Asvi Warman Adam: Meski Hadapi Krisis dan Tantangan, Indonesia Alami Keajaiban dan Terus Bertahan

Eskalasi menaik. Sekjen PBB berteriak, jika kondisi ini diteruskan, akan menjadi ancaman meluasnya konflik dan peperangan, hingga ancaman terjadinya perang dunia ketiga.

Iran dan Israel tidak berbatasan secara langsung. Israel berbatasan secara langsung dengan Yordania, Suriah, Lebanon, dan Mesir.

Oleh karenanya, serangan Israel terhadap Iran secara langsung akan melibatkan negara-negara tetangganya. Keterlibatan negara lain tentu akan memperluas jangkauan konflik.

Baca Juga: Satupena Akan Hadirkan Rektor Universitas Brawijaya Malang Widodo, Diskusikan UKT dan Nasib Pendidikan Kita

Bagaimana kita melihat masa depan Timur Tengah? Akankah eskalasi perang dan konflik ini akan terus meningkat? Lalu di mana peran strategis yang bisa dimainkan Indonesia dalam ancaman perang besar ini?

Acara diskusi ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena135. Juga bisa melalui livestreaming: Youtube Channel, Hati Pena TV. Selain itu, lewat Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.***

Berita Terkait