DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Borneo FC Peringkat Ketiga Liga 1 2023/2024

image
Arsip - Pemain Bali United Yabes Roni (tengah) berusaha melesatkan bola ke gawang Borneo FC di Stadion Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu 25 Mei 2024. (ANTARA/HO-Bali United)

ORBITINDONESIA.COM - Borneo FC Samarinda menjadi peringkat ketiga Liga 1 2023/2024 usai membekuk Bali United 4-2 di leg kedua perebutan tempat ketiga di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis 30 Mei 2024 malam WIB.

Berstatus sebagai tuan rumah, Borneo FC langsung tampil dominan sejak awal pertandingan. Hasilnya, mereka mencetak gol lewat sontekan Wiljan Pluim menit ke-3.

Lima menit berselang, Borneo FC menggandakan keunggulan usai Felipe Cadenazzi lepas dari jebakan offside dan mengelabuhi Adilson Maringa. Borneo unggul 2-0.

Baca Juga: Championship Series: Bali United Melawan Borneo FC Berebut Peringkat Ketiga Disiarkan Indosiar Sabtu Malam

Unggul dua gol, Borneo FC tak mengendurkan serangan dan terus menyerang melalui umpan-umpan panjang yang difokuskan ke dua lini sayap. Di menit ke-21, Fajar Fathurahman melepaskan umpan silang yang langsung disambar Pluim dan membawa Borneo unggul 3-0.

Dalam posisi tertinggal tiga gol, Bali United tampil lebih agresif dengan melakukan serangan dari kombinasi lini tengah. Di menit ke-28, tendangan terukur Andhika Wijaya masih membentur mistar gawang Nadeo, bola liar yang diterima Elias Dolah langsung disepak untuk memperkecil kedudukan, 3-1.

Lalu pada menit ke-39, pergerakan dari sisi kanan Privat Mbarga melepaskan umpan silang, Silverio yang tak mampu menyapu bola dengan baik langsung disambut dengan sepakan Irfan Jaya untuk membawa kedudukan 3-2.

Baca Juga: Championship Series: Bali United Imbang Melawan Borneo FC

Hingga wasit meniup peluit babak pertama, Borneo FC unggul 3-2 atas tamunya Bali United.

Babak kedua, Borneo FC terus menggempur pertahanan Bali United yang kini menerapkan skema lini pertahanan tinggi.

Di paruh babak kedua, Borneo FC dan Bali United saling beradu serangan dengan masing-masing menguasai 50 persen penguasaan bola.

Baca Juga: Championship Series: Borneo FC Melawan Bali United Berebut Peringkat Ketika Disiarkan Indosiar Kamis Malam

Menit ke-63, Bali United membuat pergantian pemain dengan memasukkan Kadek Agung dan M. Rahmat menggantikan Mohammed Bassim dan Irfan Jaya.

Bali United yang terus bermain keluar menyerang untuk menyamakan kedudukan justru kemasukan gol lewat serangan balik.

Di menit ke-70, Terens Puhiri melepaskan umpan silang yang langsung disambut dengan sepakan Cadenazzi yang tanpa penjagaan. Borneo unggul dengan skor 4-2.

Di babak kedua, Bali United total melepaskan empat tembakan ke arah gawang, sedangkan Borneo FC yang lebih bermain menunggu dan memanfaatkan serangan balik melepaskan tiga tembakan ke gawang.

Pertahanan rapat dari Borneo FC masih belum mampu ditembus oleh sektor sayap Bali United yang ditambah dengan juru gedor di lini depan seperti Spasojevic yang masuk di menit ke-76.

Sampai akhir pertandingan, Borneo FC menjaga keunggulan 4-2 dan unggul angregat 4-2 usai pada pertandingan leg pertama bermain imbang 0-0.

Hasil ini juga memastikan Borneo FC meraih posisi peringkat ketiga Liga 1 2023/2024.

Susunan pemain

Borneo FC Samarinda (4-3-3) : Nadeo Arga Winata (PG); Silverio Junio Goncalves, Muhammad Alfharezzi, Muhammad Fajar Fathurrahman, Leo Guntara; Kei Hirose, Adam Alis, Wiljan Willem Pluim; Stefano Lilipaly, Terens Puhiri, Felipe Cadenazzi.

Pelatih : Pieter Huistra

Bali United FC (4-3-3) : Adilson Maringa (PG); Elias Dolah, Jajang Mulyana, Ricky Fajrin, I Made Andhika Wijaya; Made Tito, Luthfi Kamal, Mohammed Rashid; Yabes Roni, Irfan Jaya, Privat Mbarga.

Pelatih : Stefano Cugurra "Tecco" ***

Sumber: Antara

Berita Terkait