DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Kabupaten Solok Sumatra Barat Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

image
Desa Wisata Danau Diateh (Danau Diatas) Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2024 (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

ORBITINDONESIA.COM - Desa wisata Danau Diateh (Danau Diatas) Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatra Barat masuk dalam 50 besar anugerah desa wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024.

"Berada di posisi ke dua di Sumatra Barat," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok Armen, Selasa 28 Mei 2024.

Selain itu, ada tiga daerah di Sumatra Barat yang masuk 50 besar ADWI tahun 2024 ini; pertama Kabupaten Pesisir Selatan (Desa Wisata Ekowisata Berbasis PRB Nagari Amping Parak), kedua Kabupaten Solok (Desa Wisata Danau Diateh Alahan Panjang), dan ketiga Kabupaten Agam (Desa Wisata Pesona Pagadih).

Baca Juga: BPBD Sukabumi Latih Penanganan Bencana dan Pemberian Bantuan di Objek Wisata Pantai

Armen menjelaskan, ADWI adalah event bergengsi yang bertujuan meningkatkan perekonomian desa melalui pariwisata dan mempromosikan potensi desa-desa wisata kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Pertama kalinya Kabupaten Solok masuk ke dalam nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia,” ujar Armen.

Armen mengatakan, tahun 2024 ini Festival Lima Danau juga masuk kalender event nasional.

Baca Juga: Suku Dinas Pariwisata Jakarta Selatan Minta Camat Ajak Warga Daftar Abang None Jakarta

Anugerah desa wisata Indonesia 2024 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah memasuki babak 50 besar.

Anugerah desa wisata Indonesia 2024 mengusung tema tentang Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait