DECEMBER 9, 2022
Nasional

Puan Maharani: Rakernas V PDI Perjuangan Minta Maaf kepada Rakyat Indonesia karena Ada Kader Langgar Konstitusi

image
Puan Maharani membacakan sikap politik sebagai hasil rekomendasi eksternal Rakernas V PDI Perjuangan di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Minggu 26 Mei 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan, rapat kerja nasional (Rakernas) V meminta maaf kepada rakyat Indonesia karena ada kader yang tidak menjunjung etika politik, bertindak tidak sesuai ideologi partai, sampai melanggar konstitusi dan demokrasi.

Puan mengatakan hal itu ketika membacakan sikap politik sebagai hasil rekomendasi eksternal Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Minggu 26 Mei 2024.

“Sehubungan dengan adanya perilaku kader partai yang tidak menjunjung tinggi etika politik, tidak berdisiplin, dan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan ideologi partai, serta melakukan pelanggaran konstitusi dan demokrasi, Rakernas V PDIP menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia,” kata Puan.

Baca Juga: Srikandi Berkarya Beri Inspirasi Perempuan Muda untuk Berkarya Lewat Abang None Jakarta 2024

Puan mengatakan, Rakernas V merekomendasikan untuk menyempurnakan sistem kaderisasi agar penyimpangan perilaku kader tersebut tidak terulang.

“Rakernas V partai merekomendasikan untuk menyempurnakan sistem rekrutmen, pelatihan, kaderisasi, dan penugasan partai, agar apa yang terjadi dengan penyimpangan perilaku kader pada pemilu 2024 tidak terulang kembali di kemudian hari,” ujarnya.

Puan tampak sempat bergetar ketika mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung PDI Perjuangan dalam Pemilu 2024.

Baca Juga: Ahmad Khoirul Umam: Pidato Politik Megawati Sinyal Kuat Regenerasi Ketua Umum PDIP ke Puan Maharani

Ia berhenti sejenak dan menyeka air matanya sebelum lanjut membacakan sikap politik itu.

“Rakernas V partai mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang lelah memberi dukungan kepada Ganjar Pranowo dan Prof Mahfud MD dan PDI Perjuangan, yang telah dipercaya rakyat memenangkan pemilu legislatif tiga kali berturut-turut,” ujarnya.

Dia menegaskan kepercayaan rakyat kepada PDI Perjuangan harus diwujudkan untuk memperbaiki tiga pilar partai; struktural, legislatif, dan eksekutif.

Baca Juga: Puan Maharani Respons Pernyataan Megawati Soekarnoputri tentang Revisi UU MK dan UU Penyiaran

Rakernas V PDI Perjuangan mengangkat tema “Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang” dengan subtema Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran yang Berjaya.

Rakernas itu diadakan di kawasan Ancol, Jakarta, pada Jumat sampai Minggu. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait