DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Polemik Aksara Jawa, Arema FC Rombak Jersey Home Mereka

image
Karena banyak polemik soal aksara Jawa, Arema FC merevisi jersey home mereka

 

ORBITINDONESIA.COM – Belum genap sepekan setelah diluncurkan, Arema FC harus kembali merivisi terhadap seragam (jersey) baru mereka untuk BRI Liga 1 musim 2023/24 yang diluncurkan pada Sabtu 1 Juli 2023.

Revisi yang dilakukan memang hanya sedikit namun justru penting, karena adanya kesalahan pada penyematan angka aksara Jawa bertulisan 135 bersanding gambar bunga mawar.

Awalnya, klub asal Jawa Timur ini hendak melakukan konsep menuliskan angka tersebut dalam bentuk aksara Jawa atau bahasa Sansekerta di punggung jersey home.

Baca Juga: Sundulan Alex Martin Bawa Dewa United Raih Tiga Angka Atas Arema FC di Pekan Pertama BRI Liga 1

Namun selidik punya selidik, ada kesalahan dalam penulisan angka dalam tatanan Aksara Jawa justru bermakna angka 945, akibat kekeliruan tersebut menjadi ramai di media soaial.

Hampir mayoritas respon dari para pecinta jersey mencibir kebijakan Arema FC perihal konsep desain jersey kandang mereka yang berwarna biru navy tersebut.

"(Tulisan Aksara Jawa) ini bacanya 135, 145, atau malah 945? Nanya serius!!," tulis akun @budex_wibowo.

Baca Juga: Harusnya Kemarau Tapi Masih Hujan, BMKG: Ada Gangguan Atmosfer di Jatim Selama Sepekan ke Depan

“Ga ngerti tapi sok sokan gawe aksara jawa,” tulis Yaya dalam akunnya @strskt_

Akibat polemic yang terjadi, Arema FC langsung bergerak cepat dengan melakukan revisi dengan menuliskan angka secara benar dalam aksara Jawa.

Tulisan dalam aksara Jawa yang dimaksud adalah 135 kemudian diubah secara benar sesuai tatanan Bahasa Sansekerta dan bentuknya pun berbeda jauh dari sebelumnya yang menjadi polemik.

Baca Juga: Demonstrasi Warga Berujung Ricuh di Seruyan Kalimantan Tengah, Mobil Dinas Kapolres Jadi Korban

Jersey dengan tambahan aksara Jawa bermakna 135 ini untuk mengenang korban Tragedi Kanjuruhan ini memang untuk laga home.

Kabarnya jersey dengan aksara Jawa akan digunakan oleh Evan Dimas cs, ketike menjamu Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar pada Jumat 7 Juli 2023 malam. ***

Berita Terkait