DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

5 Minuman Ampuh Atasi Asam Urat, Bisa Jadi Minuman Favoritmu Salah Satunya

image
Ilustsrasi, Berikut ini lima minuman yang ampuh dapat atasi asam urat seperti Kopi, teh, dan berbagai buah serta sayur

 

ORBITINDONESIA – Banyak orang keluhkan asam urat yang dipicu oleh banyaknya zat purin dari asupan makanan harian. Hal tersebut bisa lebih parah bila fungsi ginjal menurun dan volume urin berkurang.

Seiring berjalan waktu, kondisi tersebut akan membentuk kristal pada jaringan sendi atau ginjal. Jika sudah terjadi maka akan timbul komplikasi penyakit fatal seperti radang sendi hingga batu ginjal.

Sekedar informasi, penyebab utama kadar asam urat seseorang bisa naik adalah konsumsi makan yang mengandung banyak purin seperti ikan laut, alkohol dan daging merah, walau sederhana namun masih ada saja yang mengabaikan dengan konsumsi berlebihan dan terus-menerus.

Baca Juga: Sekilas Mirip Flu, Waspada 5 Gejala Covid19 Varian Baru

Normalnya kadar asam urat pada pria dewasa berjumlah 3,4 – 7,0 mg/dL dan wanita diantara 2,4 – 6,0 mg/dL, apabila di atas ambang normal kadar asam urat segera lapor ke dokter atau lakukan penanganan mandiri di rumah.

Berikut ini lima minuman yang dapat atasi menurunkan kadar asam urat sebagaimana dikutip dari Times of India

1. Kopi

Minuman menjadi favorit banyak orang, baik konsumsi murni atau tanpa gula. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh American College of Rheumatology pada 2007 mengatakan bahwa orang yang minum empat hingga lima cangkir kopi dalam sehari bisa turunkan asam urat hingga 40 persen.

Ini karena dalam sebiji kopi mengandung asam klorogenant yang dapat menjaga kadar asam urat untuk selalu berada pada batas aman.

Namun perlu dicatat, konsumsi terlalu banyak kafein bisa sebabkan seseorang alami sakit kepala, jantung berdebar kencang hingga susah tidur, ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter bila ingin mencobanya.

2. Teh

Baca Juga: ITERA: Situs Purbakala di Pugung Raharjo Lampung Timur Berpotensi Jadi Destinasi ASTROWISATA

Salah satu minuman yang sering di konsumsi setiap pagi atau setiap saat apalagi ditambah es batu. Dari beragam teh, teh hijau dan teh jahe adalah yang paling banyak sering dikonsumsi, diyakini minuman ini memiliki manfaat untuk redakan asam urat.

Dalam teh hijau mengandung antioksidan dan senyawa bioaktif untuk mengurai penumpukan asam urat hanya dalam beberapa hari, sedangkan teh jahe miliki sifat antiinflamasi dan antiseptic untuk sembuhkan peradangan atau nyeri sendi secara alami.

3. Jus Wortel

Jus ini dapat membantu menstabilkan kadar asam urat dalam tubuh, karena Wortel memiliki sederet nutrisi penting berupa zat antioksidan, vitamin A, serta dan beta karoten.

Baca Juga: Genjot Sektor Wisata, Tri Adhianto Serahkan Prasarana Taman Wisata Hutan Bambu Bekasi Jawa barat ke Warga

Kandungan mineral yang terdapat dalam wortel berguna kurangi kerusakan organ akibat penyakit asam urat.

4. Jus Lemon

Walau agak kecut dan asam. Namun air lemon mengandung banyak zat antioksidan dan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta meregenerasi sel secara alami.

Sebagaimana dikutip dari healthsite, Vitamin C dalam buah lemon dapat netralkan kadar asam urat dalam tubuh anda.

5. Jus Timun

Timun yang sering kita temui sebagai pelengkap lalapan ini ternyata punya fungsi sebagai detoksifikasi organ vital manusia dan kurangi kadar asam urat dalam darah.
Kandungan potassium dan fosfor yang tinggi dalam timun dapat dipercaya tingkatkan fungsi ginjal serta membantu membuang racun dalam tubuh.

Jadi dari kelima minuman penurun asam urat ini mana yang menjadi minuman favorit anda ? ***

Berita Terkait