DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Puan Maharani Dapat Doktor Honoris Causa di Korea Selatan Diiringi Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan

image
Puan Maharani Memperoleh Gelar Doktor Honoris Causa dari Pukyong University Busan, Korea Selatan.

ORBITINDONESIA – Serombongan anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan mengiringi Puan Maharani sewaktu memperoleh anugerah gelar doktor honoris causa bidang politik dari Pukyong National University Busan, Korea Selatan, Senin 7 November 2022.

"Ini menunjukkan mbak Puan sudah go international. Dan juga mengikuti Ibu (Megawati Soekanoputri), mungkin juga banyak mendapat Dr Hc, dan mungkin saja profesor," kata anggota Komisi Hukum DPR RI Trimedya Panjaitan.

Sebelumnya, Puan Maharani juga memperoleh gelar doktor honoris causa dari Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: DUH, Kantor Kemenkominfo yang Dipimpin JOHNNY G. PLATE Digeledah Kejagung, Terkait Kasus Korupsi Proyek BTS

Dengan kiprahnya yang tinggi, Trimedya yakin Puan Maharani bisa mengikuti jejak Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang memperoleh banyak gelar akademik baik dari kampus dalam maupun luar negeri.

Trimedya juga yakin Puan Maharani bisa juga bisa menyandang gelar professor honoris causa seperti Megawati.

Wawasan Puan Maharani pun sudah go international, dengan ditunjukkan pidato ilmiahnya yang berbicara tentang kesetaraan gender dan ras di dunia di kampus Pukyong National University seperti dilihat OrbitIndonesia di akun instagramnya @puanmaharaniri.

Di situ, Puan Maharani mengatakan; “Bila kita bisa melampaui ras, warna kulit, agama, dan suku, mengapa tidak demikian halnya dengan gender?”

Baca Juga: SELASA PETANG HARI INI, Warga DKI Jakarta Bisa Melihat Gerhana Bulan Total Blood Moon, Inilah Jamnya

“Banyak sekali perempuan hebat di bumi ini yang mengendalikan hal-hal strategis. Namun, tidak sedikit pula yang masih terbentur tantangan dasar dalam melangkah sehari-hari.”

“Ini salah satu contoh persoalan tatanan dunia yang memerlkan gotong royong untuk mencari solusi. Kita memang tak mungkin bekerja sendiri.”

"Sudah bukan hanya bicara problem domestik, tapi juga problem internasional. Mbak Puan bicara mengenai kesetaraan gender. Mbak Puan juga sempat terharu, catatan saya tiga kali Mbak Puan terharu saat bicara soal perempuan," ujar Trimedya.

Kehadiran Puan Maharani memperoleh gelar di Korea Selatan ini, sedikitnya 42 anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan mengiringinya. Mereka hadir di Korea Selatan dengan biaya sendiri.

Baca Juga: Dapat Doktor Honoris Causa dari Korea, Puan Maharani: Membangun Demokrasi dengan Nilai Kemanusiaan

Mereka yang mengiringi Puan Maharani antara lain Agustina Wilujeng, Johan Budi SP, Yulian Gunhar, Junimart Girsang, Arteria Dahlan, Vanda Sarundajang, Hendrawan Supratikno, Masinton Pasaribu, Charles Honoris, Sudin, Dede Indra P, Diah Pitaloka, Abidin Fikri, Dolfie OFP, Ichsan Sulistyo, Bob M Sitepu, Gilang Dhiela Fararez, Krissantus, Irene Yustiana R P, Falah Amru, Inna Amania, Selly Andriany, Eva Hartati, Edy Wuryanto, Arif Wibowo, Darmadi Durianto, Evita Nursanti, Tuti N Roosdiono, Deddy Sitorus, Ihsan Yunus, Riezky Aprilia, Lazarus, Dony Oekun, My Esti Wijayanti, Muftie Anam, Harris Turino, Sondang Tampubolon, Adi Satria Sulisto, dan Paramita Widya Kusuma. ***

Berita Terkait