DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Empat Daerah di Indonesia yang Kaya Harta Karun, Semisal Timah

image
Hasil peleburan timah milik PT Timah Tbk . Ini harta karun Indonesia.

ORBITINDONESIA - Ada empat daerah Indonesia yang kaya harta karun, yakni memiliki banyak bahan tambang, misalnya timah

Indonesia merupakan pemilik cadangan timah terbesar kedua dunia, setelah China. Indonesia memiliki 17% cadangan timah dunia, setelah China yang menguasai 23% cadangan timah dunia.

Tak hanya menguasai cadangan terbesar kedua di dunia, Indonesia juga merupakan produsen timah terbesar kedua yakni 22%, setelah China yang mencapai 47% dari produksi dunia.

Baca Juga: Covid 19 Omicron XBB Sudah Masuk Indonesia, Ini Gejalanya

Berdasarkan data Peluang Investasi Timah Indonesia 2020, total cadangan timah dunia pada awal 2020 tercatat sebesar 4,74 juta ton logam timah, di mana Indonesia tercatat sebesar 800 ribu ton logam.

Sementara dari sisi sumber daya, sumber daya timah RI tercatat mencapai sekitar 2,88 juta ton logam dan 10,78 miliar ton bijih timah.

Meski memiliki cadangan timah terbesar kedua dunia, namun tidak semua daerah di Indonesia yang menyimpan "harta karun" ini, melainkan hanya beberapa saja.

Adapun salah satu pemilik cadangan timah terbesar di Indonesia yaitu Bangka Belitung.

Baca Juga: TERBARU, Contoh Naskah Pidato Hari Santri Nasional 2022, Singkat, Kocak, dan Kekinian

Besarnya "harta karun" di wilayah ini turut berdampak pada perekonomian warga setempat. Bahkan, tingkat kemiskinan di daerah ini lebih rendah dibandingkan rata-rata nasional.

Penjabat Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin menyebut, tingkat kemiskinan di Provinsi Bangka Belitung pada 2021 tercatat sebesar 4,90%, lebih rendah dibandingkan rata-rata nasional yang mencapai 9,54%.

"Harta karun" timah ini pun otomatis menjadi tulang punggung perekonomian daerah ini.

"Secara rata-rata 30%-35% perekonomian di Bangka Belitung dipengaruhi oleh komoditas ini (timah)," ungkapnya pada acara Indonesia Tin Conference 2022 di Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Baca Juga: Erizeli Jely Bandaro: Memahami Negara China

"Kita lihat Babel, ratusan, puluhan tahun timah menjadi penggerak utama. Timah menjadi tulang punggung di Babel, juga secara nasional.

Pandemi daerah menjadi kesulitan, tapi secara keseluruhan daerah berbasis tambang tumbuh sehat, kita syukuri sumber daya alam ini memberikan manfaat signifikan," jelasnya.

Lantas, selain Bangka Belitung, mana saja daerah yang beruntung tersebut?

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), "harta karun" timah ini hanya terdapat di empat provinsi RI, berikut rinciannya:

Baca Juga: Kemenkes Akan Datangkan 200 Vial Obat Penawar Atasi Ganggual Ginjal Akut

1. Kepulauan Bangka Belitung

Provinsi ini merupakan penyimpan sumber daya dan cadangan timah terbesar di Indonesia. Tercatat, pada 2020 sumber daya bijih timah di daerah ini mencapai 9,97 miliar ton dan sumber daya logam timah 2,56 juta ton.

Sementara cadangan bijih timah mencapai 2,01 miliar ton dan cadangan logam 2,04 juta ton.

2. Kepulauan Riau

Provinsi ini tercatat memiliki sumber daya bijih 813,47 juta ton dan sumber daya logam 0,32 juta ton. Sementara cadangan bijih timah 280,48 juta ton dan cadangan logam 0,14 juta ton.

Baca Juga: Sebanyak 460 ribu Santri akan Mengikuti Apel Hari Nasional Santri Tersebar di 528 lokasi

3. Riau

Riau tercatat memiliki sumber daya bijih 0,22 juta ton dan sumber daya logam 0,006 juta ton.

4. Kalimantan Barat

Kalimantan Barat tercatat memiliki 0,004 juta ton sumber daya bijih dan 0,001 juta ton sumber daya logam. Adapun cadangan bijih timah sebesar 1,05 juta ton dan cadangan logam 0,04 juta ton.

(Dikutip dari medsos).***

Berita Terkait