DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Tipis, Peluang Kevin Diks Perkuat Timnas Indonesia Bulan November 2024

image
Kevin Diks. (transfermarket.co.id)

ORBITINDONESIA.COM - Peluang Kevin Diks untuk memperkut tim nasional (Timnas) Indoensia di dua pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C bulan November melawan Jepang dan Saudi Arabia sangat tipis.

Hal ini dikatakan oleh Executive Committee (Exco) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Arya Sinulingga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis 24 Oktober 2024.

“Jadi kemungkinan berat (Kevin Diks) untuk main di November,” kata Arya.

Baca Juga: Kevin Diks Akhirnya Ikut Naturalisasi, Erick Thohir: Selamat Bergabung di Timnas Indonesia

Menurut Arya, naturalisasi seorang pemain untuk dapat tampil membela tim di putaran ketiga harus rampung H-7 pertandingan.

Jika dilihat dari pertandingan pertama melawan Jepang pada 15 November, tujuh hari sebelumnya adalah pada 8 November.

Proses ini, kataya, tidak akan memakan waktu sebentar, apalagi melihat ada transisi pemerintahan baru seperti perubahan di kementerian atau lembaga terkait, sehingga naturalisasi Kevin akan sulit selesai untuk dua pertandingan pada November.

Baca Juga: Bahrain Menolak Bertanding di Kandang Timnas Indonesia

Dengan pertimbangan ini, katanya, PSSI menargetkan menyelesaikan naturalisasi Kevin Diks itu untuk dua pertandingan bulan Maret tahun depan melawan Australia dan Bahrain.

“Mudah-mudahan main di bulan Maret,” kata Arya.

Kecin Diks yang memegang paspor Belanda memiliki darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari Ambon yaitu Natasja Dik Bakarbessy.

Baca Juga: Peringkat Timnas Indonesia di FIFA Turun ke-130

Selama ia berkarier di Copenhagen sejak Juli 2021, Kevin sudah tampil sebanyak 145 pertandingan dengan mencetak 14 gol dan 15 assist.

Selain posisi utamanya yang seorang bek tengah, ia pernah mengisi beberapa posisi seperti bek kanan, bek kiri, dan juga gelandang bertahan. ***

Berita Terkait