DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Sandiaga Uno Luncurkan Masterplan Daya Tarik Wisata di Destinasi Super Prioritas

image
Ilustrasi destinasi wisata. (OrbitIndonesia/kiriman)

ORBITINDONESIA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meluncurkan dokumen rencana induk (masterplan) daya tarik wisata di empat destinasi super prioritas.

Destinasi wisata tersebut ialah Air Terjun Tekaan Telu di Kota Tomohon, Sulawesim Utara yang menjadi penyangga destinasi super prioritas Likupang; Cemara Shiu Geopark Rinjani, Kabupaten Lombok Timur, Busa Tenggara Barat yang mendukung Mandalika; Pulau Dodola, Kabupaten Pulau Morotai yang menjadi bagian dari destinasi prioritas Morotai, Pulau Kumala di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang menjadi wilayah penyangga Ibu Kota Negara Nusantara.

Menurut Sandiaga Uno di Jakarta,  Senin 14 Oktober 2024 mengatakan, masterplan daya tarik wisata yang telah disusun sejak Mei 2024 ini diharapkan bisa mewujudkan destinasi  berkualitas dan berkelanjutan.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Selesaikan 34 Rancangan Standar Berbasis Kompetensi

Sandiaga mengapresiasi tim tenaga ahli dari Universitas Sam Ratulangi Manado, Universitas Katolik De La Salle Manado, Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat, dan P2Par ITB, serta pemerintah daerah dan pihak swasta yang berkontribusi dalam menyusun masterplan.

Kepala Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan, Institut Teknologi Bandung, Budi Faisal menyampaikan, penyusunan masterplan melibatkan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, tokoh masyarakat, dan juga asosiasi dunia usaha.

Penjabat Bupati Lombok Timur, Muhammad Juaini Taofik, menambahkan, masterplan ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata di Lombok Timur.

Baca Juga: Sandiaga Uno Sedang Godok Kebijakan Moratorium Pembangunan Hotel dan Stop Konversi Lahan Pertanian

Ia mengatakan, kunjungan wisatawan ke daerahnya  tahun 2023 sebanyak 53 ribu lebih. Akhir September 2-24, kunjungan 94 ribu wisatawan.

Pejabat sementara Wali Kota Tomohon Fereydy Kaligis mengakui, ia akan fokus menyediakan fasilitas penunjang Air Terjun Tekaan Telu.

Fereydy juga berencana menjadikan destinasi wisata di Kota Tomohon yang ramah lingkungan, ramah disabilitas, dan berkelanjutan. ***

Berita Terkait