DECEMBER 9, 2022
Internasional

Inggris Akan Menyerahkan Kedaulatan Kepulauan Chagos kepada Mauritius Setelah Lebih dari Setengah Abad

image
Kepulauan Chagos di Samudra Hindia yang diserahkan kedaulatannya oleh Inggris ke Mauritius (Foto: France 24)

ORBITINDONESIA.COM - Inggris telah mengumumkan akan menyerahkan kedaulatan atas gugusan pulau terpencil namun penting secara strategis di Samudra Hindia setelah lebih dari setengah abad.

Kesepakatan tersebut – yang dicapai setelah bertahun-tahun negosiasi – akan membuat Inggris menyerahkan Kepulauan Chagos kepada Mauritius dalam sebuah langkah bersejarah.

Langkah Inggris ini termasuk atol tropis Diego Garcia, yang digunakan oleh pemerintah AS sebagai pangkalan militer untuk kapal angkatan laut dan pesawat pembom jarak jauhnya.

Baca Juga: Liga Inggris 2024/2025: Gol John Stone di Menit Akhir Pertandingan SelamatKan Manchester City Kalah dari Arsenal

Pengumuman tersebut, yang dibuat dalam pernyataan bersama oleh Perdana Menteri Inggris dan Mauritius, mengakhiri negosiasi yang sering kali penuh pertikaian selama puluhan tahun antara kedua negara.

Pangkalan AS-Inggris akan tetap berada di Diego Garcia – sebuah faktor kunci yang memungkinkan kesepakatan tersebut untuk terus berlanjut di saat persaingan geopolitik yang berkembang di kawasan tersebut antara negara-negara Barat, India, dan China.

Kesepakatan tersebut masih menunggu finalisasi perjanjian, tetapi kedua belah pihak telah berjanji untuk menyelesaikannya secepat mungkin.

Baca Juga: Serangan Siber Ganggu Layanan Wi-Fi Publik Beberapa Stasiun Kereta Inggris, Sebar Pesan Bernada Islamofobia

"Ini adalah momen penting dalam hubungan kita dan sebuah demonstrasi komitmen abadi kita terhadap penyelesaian sengketa secara damai dan supremasi hukum," demikian bunyi pernyataan dari Perdana Menteri Inggris Keir Starmer dan Perdana Menteri Mauritius Pravind Jugnauth.

Para pemimpin juga mengatakan bahwa mereka berkomitmen "untuk memastikan operasi jangka panjang, aman, dan efektif dari pangkalan yang ada di Diego Garcia yang memainkan peran penting dalam keamanan regional dan global".

Perjanjian itu juga akan "mengatasi kesalahan masa lalu dan menunjukkan komitmen kedua belah pihak untuk mendukung kesejahteraan warga Chagos".

Baca Juga: Liga Inggris 2024/2025: Sulit Taklukan Newcastle United, Manchester City Raih Satu Poin

Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy mengatakan manfaat dari kesepakatan itu termasuk menutup "jalur migrasi ilegal yang potensial".

Puluhan warga Tamil Sri Lanka telah ditahan di sebuah kamp berpagar di pulau itu selama tiga tahun karena pertempuran hukum yang rumit sedang berlangsung atas nasib mereka. Tidak jelas apa arti pengumuman itu bagi mereka.

Inggris akan memberikan paket dukungan keuangan kepada Mauritius, termasuk pembayaran tahunan dan investasi infrastruktur.

Baca Juga: Liga Inggris 2024/2025: Cole Palmer Cetak 4 Gol Bawa Chelsea Gilas Brighton

Mauritius juga akan dapat memulai program pemukiman kembali di Kepulauan Chagos, tetapi tidak di Diego Garcia. Di sana, Inggris akan memastikan pengoperasian pangkalan militer tersebut untuk "periode awal" selama 99 tahun.

Presiden AS Joe Biden menyambut baik "perjanjian bersejarah" tersebut, dengan mengatakan bahwa itu adalah "demonstrasi yang jelas bahwa melalui diplomasi dan kemitraan, negara-negara dapat mengatasi tantangan historis yang telah berlangsung lama untuk mencapai hasil yang damai dan saling menguntungkan".

Ia mengatakan bahwa hal itu mengamankan masa depan pangkalan militer utama yang "memainkan peran penting dalam keamanan nasional, regional, dan global."

Baca Juga: Liga Inggris 2024/2025: Menang Melawan Leicester City, Arsenal ke Peringkat Kedua Klasemen

Penduduk pulau Chagos sendiri – sebagian di Mauritius dan Seychelles, tetapi yang lainnya tinggal di Crawley di Sussex – tidak berbicara dengan satu suara tentang nasib tanah air mereka.

Sebagian bertekad untuk kembali tinggal di pulau-pulau terpencil tersebut, sebagian lebih fokus pada hak dan status mereka di Inggris, sementara yang lain berpendapat bahwa status kepulauan tersebut tidak boleh diputuskan oleh orang luar.

Isabelle Charlot, berbicara di acara World At One di BBC Radio 4, mengatakan kesepakatan itu membawa kembali harapan bahwa keluarganya bisa kembali ke "akar" pulau ayahnya.

Baca Juga: Liga Inggris 2024/2025: Salah Bawa Liverpool ke Puncak Klasemen Usai Menang di Kandang Wolveshampton Wanderes

Rencana pemerintah Mauritius untuk mengatur pemukiman kembali akan berarti "tempat yang bisa kami sebut rumah - tempat kami akan bebas," katanya.

Namun Frankie Bontemps, generasi kedua Chagossian di Inggris, mengatakan kepada BBC bahwa ia merasa "dikhianati" dan "marah" mendengar berita itu karena "orang Chagossian tidak pernah terlibat" dalam negosiasi.

"Kami tetap tidak berdaya dan tidak bersuara dalam menentukan masa depan kami sendiri", katanya, dan menyerukan keterlibatan penuh orang Chagossian dalam penyusunan perjanjian itu.

Baca Juga: Siprus Utara Kecam Penambahan Pasukan Inggris dan Persenjataan Militer di Wilayah Kedaulatannya

Dalam beberapa tahun terakhir, Inggris menghadapi isolasi diplomatik yang meningkat atas klaimnya atas apa yang disebutnya sebagai Wilayah Samudra Hindia Britania, dengan berbagai badan Perserikatan Bangsa-Bangsa, termasuk pengadilan tinggi dan majelis umumnya, sangat berpihak pada Mauritius dan menuntut Inggris menyerahkan apa yang disebut sebagian orang sebagai "koloni terakhirnya di Afrika".

Pemerintah Mauritius telah lama berargumen bahwa mereka dipaksa secara ilegal untuk menyerahkan Kepulauan Chagos sebagai imbalan atas kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1968.

Pada saat itu, pemerintah Inggris telah menegosiasikan kesepakatan rahasia dengan AS, yang menyetujui untuk menyewakan atol terbesar, Diego Garcia, untuk digunakan sebagai pangkalan militer.

Baca Juga: Liga Inggris 2024/2025: Bertanding di Kandang Sendiri, Manchester United Digebuk Tottenham Hotspur

Inggris kemudian meminta maaf karena telah memindahkan secara paksa lebih dari 1.000 penduduk pulau dari seluruh kepulauan dan berjanji untuk menyerahkan pulau-pulau tersebut kepada Mauritius ketika mereka tidak lagi dibutuhkan untuk tujuan strategis.

Namun hingga baru-baru ini, Inggris bersikeras bahwa Mauritius sendiri tidak memiliki klaim yang sah atas pulau-pulau tersebut.***

Sumber: BBC

Berita Terkait