DECEMBER 9, 2022
Nasional

Jokowi Resmikan Pusat Pelatihan PSSI di IKN 11 Oktober, Presiden FIFA Gianni Infantino Hadir

image
Erick Thohir dan Ginanni Infantino. (Instagram @erickthohir)

ORBITINDONESIA.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, peresmian pusat pelatihan PSSI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, dilaksanakan 11 Oktober 2024 oleh Presiden Joko Widodo yang akan dihadiri Presiden FIFA Gianni Infantino.

"Akan hadir Pak Presiden dan Presiden FIFA (Gianni Infantino)," ujar Erick di Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di Jakarta, Kamis 10 September 2024.

Menurutnya, Jokowi bertolak ke IKN setelah menghadiri Konferensi Tinggi ASEAN 2024 di Vientiane, Laos yang berlangsung 6-11 Oktober.

Baca Juga: FIFA Izinkan Pemain Naturalisasi Maarten Paes Perkuat Timnas Indonesia

Erick menjelskan, pembukaan atau peresmian Pusat Pelatihan PSSI yang dilaksanakan pada 11 Oktober 2024 itu nantinya juga diwarnai dengan penandatanganan dokumen "official agreement opening" dengan FIFA.

Pusat Pelatihan PSSI di IKN memiliki luas sekitar 34,5 hektare.

Di sana, berdasarkan rencana, nantinya ada delapan lapangan dan asrama berkapasitas total 138 orang untuk pemain, pelatih dan kepala pelatih.

Baca Juga: FIFA Puji Timnas Indonesia, Dianggap Terlemah Tapi Penuh Kejutan

Di sana juga ada berbagai fasilitas penunjang seperti fisioterapi, pusat kebugaran dan perawatan medis.

Untuk menyokong pembangunan Pusat Pelatihan PSSI itu, FIFA melalui program FIFA Forward memberi dana hibah senilai 5,6 juta dolar AS atau sekitar Rp85 miliar.

Pemerintah Indonesia menggelontorkan dana dengan besar total Rp127,10 miliar pada tahun 2024 yang ditujukan untuk memenuhi perlengkapan dan biaya operasi pusat pelatihan PSSI di Ibu Kota Nusantara (IKN) serta program PSSI lainnya seperti pemusatan latihan tim nsional (Timnas) putra dan putri baik di dalam maupun luar negeri, berbagai kegiatan juga kompetisi seperti Liga 3 Indonesia serta penajaman wawasan teknis dan tata kelola sepak bola dengan pelatihan pelatih dan wasit.

Baca Juga: Timnas Sepak Bola Indonesia Naik 4 Tingkat di FIFA, Jadi 129

Pusat Pelatihan PSSI di IKN akan digunakan sebagai tempat berlatih Timnas Indonesia dari semua kelompok umur baik putra maupun putri. ***

Berita Terkait