DECEMBER 9, 2022
Nasional

Hari Ini, Berbagai Elemen Masyarakat Bergerak Menentang Pengebirian Konstitusi dan Demokrasi

image
Seruan bergerak dari Jakarta Memanggil. (OrbitIndonesia/media sosial)

ORBITINDONESIA.COM - Beberapa elemen masyarakat dari kalangan aktivis, intelektual, dan buruh, Kamis 22 Agustus 2024 akan bergerak turun ke jalan menentang pengibirian demokrasi dan konstitusi oleh DPR dan pemerintah setelah putusan Mahkamah Konstitusi.

Undangan gerakan pro demokrasi yang tersebar luas di berbagai media sosial datang dari Partai Buruh, ITB, BEM UMJ, Jakarta Memanggil, BEM SI, UGM Bergerak, Mahasiswa Lampung, Banjarnegara Bergerak, Wonosobo Melawan, Forum Guru Besar, Mahasiswa Jogja, Koalisi Indonesia Melawan.

“Mengundang seluruh elemen masyarakat Solo Raya untuk turun ke jalan menyelamatkan Indonesia,” demikian ajakan Koalisi Indonesia Melawan dengan tanda pagar #pulangkanjokowi.

Baca Juga: Pilkada Riau 2024: Ustaz Abdul Somad Dipastikan Hadiri Deklarasi Abdul Wahid-SF Hariyanto

“Legislatif dan yudikatif dikebiri, menteri diganti, pejabat diolah sana-sini, rakyat dipermainkan, inilkah 79 tahun Indonesia merdeka. OLeh sebab itu, seluruh elemen masyarakat dan mahasiswa Jogja meutuskan aksi di Bundara UGM,” demikian seruan UGM Bergerak.

“Kami guru besar, ilmuwan politik, ahli hukum tana negara, akademisi, aktivis prodemokrasi, dan aktivis 98 akan bergerak melawan menuju gedung Mahkamah Konstitusi,” demikian ajakan dari elemen masyarakat lainnya.

“Mengajak seluruh lapisan masyarakat serta mahasiswa untuk konslidasi akbar,” demikian undangan dari Wonosobo Melawan.

Baca Juga: Pilkada Riau 2024: Relawan Sahabat Firdaus Dukung Abdul Wahid-SF Hariyanto

Dari Banjarnegara, Jawa Tengah juga muncul pergerakan yang dipusatkan di Rumah Baca Komunitas Kauman. ***

Berita Terkait