DECEMBER 9, 2022
Internasional

Retno Marsudi: Wakil Palestina Riyad Al-Maliki Jadi Tamu Perdana Gedung Pancasila Usai Dipugar di Kemlu RI

image
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi berbincang dengan Penasihat Presiden Palestina untuk Urusan Luar Negeri Riyad Al-Maliki dalam pertemuan bilateral di Gedung Pancasila Kemlu RI Jakarta, Senin, 19 Agustus 2024. ANTARA/Nabil Ihsan.

ORBITINDONESIA.COM - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyatakan bahwa Palestina, yang diwakili Penasihat Presiden Palestina untuk Urusan Luar Negeri Riyad Al-Maliki, menjadi tamu perdana Gedung Pancasila yang telah selesai dipugar di Kompleks Kemlu RI, Jakarta.

Gedung Pancasila tersebut selama ini dipugar hampir setahun, dan akhirnya diresmikan seusai pemugaran di Kompleks Kemlu RI, Jakarta pada Senin, 19 Agustus 2024. Dengan demikian, pertemuan tersebut, menurut Retno Marsudi, memiliki makna yang amat dalam dalam perjuangan Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina.

“Untuk pertama kalinya, Gedung Pancasila dengan wajah baru digunakan untuk melakukan pertemuan bilateral, dan itu adalah dengan Palestina,” kata Retno Marsudi di Gedung Pancasila Kemlu RI Jakarta.

Baca Juga: Menlu Retno Marsudi: Ekonomi Inklusif yang Libatkan Perempuan Harus Termasuk Dalam Pembangunan Afganistan

Dalam pertemuan tersebut, Retno dan Al-Maliki membahas isu bersama dan penguatan kerja sama bilateral, khususnya terkait tindak lanjut dukungan terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina yang sempat dibahas dalam pertemuan antara Presiden RI Joko Widodo dan Al-Maliki pada Senin pagi.

“Bapak Presiden menyampaikan bahwa Indonesia akan terus mendukung perjuangan bangsa Palestina,” ucap Menlu RI.

Selain itu, Retno menyatakan bahwa kehadiran Penasihat Presiden Palestina ke Indonesia yang tengah merayakan kemerdekaannya memiliki makna simbolis yang dalam atas dukungan yang diberikan Indonesia kepada rakyat Palestina.

Baca Juga: Menlu RI Retno Marsudi: Israel Harus Segera Akhiri Pendudukan Ilegal di Wilayah Palestina

Terlebih, ucap dia, Palestina adalah termasuk negara yang paling pertama mengakui kemerdekaan Indonesia.

Sebelum pertemuan tersebut, Riyad Al-Maliki menyerahkan penghargaan “Medal of Merit of the Order of the State of Palestine” yang dianugerahkan Pemerintah Palestina kepada Menlu Retno Marsudi usai menghadiri peresmian pemugaran Gedung Pancasila di Kompleks Kemlu RI Jakarta.

Al-Maliki sebelumnya juga bertemu Presiden Jokowi untuk menyerahkan penghargaan tertinggi dari pemerintah Palestina, “Grand Collar of the Order of the State of Palestine”.

Baca Juga: Retno Marsudi: Sebagai Produsen Utama Gandum, Rusia Mitra Penting ASEAN Dalam Ketahanan Pangan

Penghargaan tersebut adalah bentuk apresiasi Pemerintah Palestina atas jasa Presiden Jokowi dan Menlu Retno menyuarakan dan membela hak Palestina di kancah internasional.***

Sumber: Antara

Berita Terkait