DECEMBER 9, 2022
Nasional

Nurdin Halid Dukung Bahlil Lahadalia Jadi Ketua Umum Partai Golkar

image
Nurdin Halid di Jakarta, Rabu 14 Agustus 2024. (ANTARA)

ORBITINDOENSIA.COM - Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Nurdin Halid mendukung Bahlil Lahadalia yang digadang-gadang menjadi calon ketua umum menggantikan Airlangga Hartarto.

Seandainya nanti Bahlil mendaftar jadi calon ketum pada musyawarah nasional (Munas) Partai Golkar, 20 Agustus, menurutnya, kader-kader se-Indonesia akan mendukungnya.

"Saya pribadi juga mendukung Pak Bahlil karena dia adalah kader Golkar potensial, track recordnyanya juga sangat memadai,” kata Nurdin Halid usai kegiatan di Kementerian Pertahanan dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum Pelti di Jakarta, Rabu 14 Agustus 2024.

Baca Juga: Relawan POS Gibran Turun Gunung Dukung Gibran Rakabuming Raka Jadi Ketua Umum Partai Golkar

Namun, katanya, Golkar akan membuka kesempatan kepada kader lainnya yang memiliki kapasitas untuk maju sebagai calon ketua umum.

Jika nantinya hanya Bahlil yang menjadi calon tunggal, menurutnya, itu adalah bagian dari proses musyawarah.

Dia memastikan bahwa Bahlil memenuhi syarat untuk maju sebagai calon ketua umum. Bahlil pernah mencalonkan diri sebagai calon Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) yang membuktikan bahwa yang bersangkutan adalah kader Partai Golkar.

Baca Juga: Jadi Pelaksana Tugas, Agus Gumiwang: Saya Tidak Akan Maju Jadi Calon Ketua Umum Golkar

"Dia pernah menjadi pengurus Golkar, dan persyaratannya minimal 5 tahun dan satu periode itu sudah cukup, dan Pak Bahlil memenuhi syarat itu. Jadi, tidak perlu mengubah anggaran dasar," kata dia.

Rapat pleno DPP Partai Golkar Selasa malam memutuskan Agus Gumiwang sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto yang menyatakan mundur.

Agus Gumiwang mengumumkan bahwa pelaksanaan rapat pimpinan nasional dan musyawarah nasional tanggal 20 Agustus 2024. ***

Berita Terkait