DECEMBER 9, 2022
Internasional

Tri Tharyat: Kemlu RI dan UNIDO Perkuat Kerja Sama Internasional Dukung Pembangunan IKN

image
Arsip - Dirjen Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri Tri Tharyat memberikan paparan pada High Level Panel Sesi ke-13 World Water Forum ke-10 2024 di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa, 21 Mei 2024. ANTARA FOTO/Media Center World Water Forum 2024/Bayu Pratama S/tom.

ORBITINDONESIA.COM - Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri Tri Tharyat menjelaskan, pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN memerlukan kerja sama yang erat dengan berbagai pihak, termasuk kerja sama dengan pihak asing, untuk mengundang investasi.

"Pembangunan IKN memerlukan kerja sama erat dengan berbagai pihak, termasuk kerja sama internasional, untuk mengundang investasi dan mendapatkan pengetahuan, pengalaman, serta best practices pembangunan kota. Kementerian Luar Negeri akan terus memperkuat kerja sama internasional untuk mendukung pembangunan IKN," kata Tri Tharyat dalam siaran pers PBB Indonesia yang diterima di Jakarta, Senin, 12 Agustus 2024.

Kementerian Luar Negeri dan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) pada hari Senin telah menggelar Bridge for Cities Workshop dengan mengusung tema “Cities of Tomorrow: Collaborative Strategies for New Cities” di Jakarta.

Baca Juga: Menhub Budi Karya Sumadi Uji Coba Kereta Otonom Guna Pastikan Persiapan Sambut HUT Ke-79 RI di IKN

Workshop tersebut menghadirkan 17 narasumber dari Indonesia dan luar negeri serta dihadiri 70 peserta dari berbagai pemangku Kementerian/Lembaga, universitas, LSM, lembaga studi dan berbagai pemangku kepentingan.

Adapun yang menjadi fokus utamanya adalah pembangunan perkotaan yakni: pertumbuhan ekonomi dan produktivitas, pembangunan ramah lingkungan dan pembiayaan inovatif.

UNIDO merupakan badan PBB yang fokus pada peningkatan kapasitas industri berkelanjutan.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin: IKN di Kalimantan Timur Akan Jadi Salah Satu Ibu Kota Terbaik di Dunia

Kepala Divisi Koordinasi Regional Asia-Pasifik UNIDO, Jie Zhao mengapresiasi Indonesia dalam pembangunan IKN yang visioner dan terencana baik.

Kepala Perwakilan PBB di Indonesia Gita Sabharwal mengaku siap bekerja sama dalam memobilisasi pendanaan pembangunan perkotaan melalui skema blended financing, sebagaimana dalam kerja sama Indonesia-PBB untuk pendanaan program pemberdayaan kaum perempuan dan pemuda.

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian PUPR, yang mewakili Plt. Kepala OIKN, juga menjelaskan pencapaian dan kemajuan pesat dalam pembangunan infrastruktur di IKN, termasuk istana garuda dan jembatan Pulau Balang yang sudah rampung.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Peletakan Batu Pertama Kantor Perbankan Swasta di IKN Kalimantan Timur

Kerja sama Kemlu dan UNIDO dalam lokakarya tersebut dapat menjadi awal strategis yang mampu membuka kolaborasi lebih lanjut, nyata dan berdampak, baik dalam pembangunan IKN maupun dalam upaya bersama mengatasi tantangan urbanisasi.

Indonesia disebut pula akan berbagi pengalaman tentang pembangunan IKN ke negara-negara lain dalam acara Bridge for Cities di Markas Besar UNIDO di Wina, Austria, pada Oktober mendatang.***

Sumber: Antara

Berita Terkait