DECEMBER 9, 2022
Internasional

Wakil Presiden Iran Mohammad Javad Zarif akan Mundur!

image
Mohammad Javad Zarif, yang diangkat sebagai wakil presiden urusan strategis mengumumkan niatnya untuk mengundurkan diri. (HO-Anadolu/www.aa.com.tr)

ORBITINDONESIA.COM - Mantan menteri luar negeri Mohammad Javad Zarif, yang diangkat sebagai wakil presiden urusan strategis oleh Presiden Iran yang baru terpilih Masoud Pezeshkian pada 2 Agustus, mengumumkan niatnya untuk mengundurkan diri.

Zarif beralasan tidak sepakat mengenai komposisi kabinet baru negara tersebut.

Pada Minggu 11 Agustus 2024, Pezeshkian, yang terpilih bulan lalu, mengajukan kepada parlemen Iran, daftar politisi yang dia usulkan untuk membentuk kabinet baru. Dari 19 kandidat yang diusulkan, hanya satu yang perempuan.

Baca Juga: Jenderal Lebanon: Hizbullah dan Iran Akan Serang Fasilitas Militer Israel, Tapi Tak Akan Bahayakan Warga Sipil

"Saya merasa tidak puas dengan hasil kerja saya, dan saya merasa malu karena tidak dapat memperoleh pendapat komite pakar serta kehadiran perempuan, pemuda, dan kerabat dengan cara yang layak, seperti yang saya janjikan. Tentu saja, masih ada beberapa wakil presiden lainnya, yang semoga dapat menutupi kekurangan ini," kata Zarif di X.

Ia mengharapkan kesuksesan kepada perwakilan pemerintahan baru dan berterima kasih kepada presiden atas kesempatan untuk berpartisipasi dalam pemilihan kandidat untuk kabinet. ***

Berita Terkait