DECEMBER 9, 2022
Gaya Hidup

Diskusi SATUPENA, Tika Bisono: Orang Usia Tua Masih Sangat Membutuhkan Keterlibatan, Interaksi dan Komunikasi

image
Psikolog Tika Bisono (Foto: Antara)

ORBITINDONESIA.COM – Orang pada usia tua masih sangat membutuhkan keterlibatan (engagement), interaksi dan komunikasi dengan orang lain. Orang usia tua perlu sering dihubungi atau dikunjungi. Hal itu diungkapkan psikolog dan praktisi parenting Tika Bisono.

Tika Bisono menjadi narasumber dalam diskusi daring Hati Pena di Jakarta, Kamis malam, 8 Agustus 2024, yang bertema Menjalani Hari Tua: Hidup Sendiri atau Bersama Keluarga.

Diskusi yang menghadirkan Tika Bisono itu diadakan oleh Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA yang diketuai Denny JA. Diskusi dipandu oleh Elza Peldi Taher dan Milastri Muzakkar.

Baca Juga: SATUPENA Akan Diskusikan Pusaka Literasi Indonesia Bersama Direktur Utama Balai Pustaka, Achmad Fachrodji

Dalam diskusi itu, Tika Bisono –yang mendalami ilmu gerontologi-- mengungkapkan berbagai pengalamannya berhubungan dengan teman, kerabat, dan keluarga yang menjalani usia tua. Ada kasus di mana anak-anak atau keluarga sudah “terpisah” dari mereka.

Tentang fenomena yang diberitakan media, mengenai orang-orang di usia tua yang meninggal sendirian dalam keadaan kesepian, lulusan Fakultas Psikologi UI ini menyebut pentingnya engagement atau keterlibatan.

“Jika tidak ada engagement dari luar, itu betul-betul yang mematikan mereka. Mereka masih ada, tetapi seperti tidak hidup,” ujar Tika.

Baca Juga: Diskusi SATUPENA, Achmad Fachrodji: Balai Pustaka Kini Menjadi IP Licensing Company dan Bagian Industri Kreatif

“Untuk fenomena orang usia tua di atas, saya selalu teriak-teriak pada tujuh pendekar wilayah Rukun Tetangga (RT),” kata mantan penyanyi remaja ini.

Tika menuturkan, ada “tujuh pendekar” di setiap RT, yaitu: geng RT, geng RW, geng PKK, geng tokoh musola, geng majelis taklim, geng karang taruna, dan geng tokoh masyarakat. “Saya tidak teriak-teriak ke keluarga karena keluarga sudah hopeless, tak bisa diharapkan,” ucapnya.

“Tapi tujuh pendekar ini juga selalu terlambat. Ketika ada orang usia tua yang punya masalah, harusnya dari tujuh pendekar ini yang tahu lebih dulu. Apakah tujuh pendekar ini tidak pernah cek ricek semua kepala keluarga atau rumah yang ada di RT-nya?” tanya Tika.

Baca Juga: SATUPENA Akan Diskusikan Topik Bagaimana Menjalani Hari Tua dengan Narasumber Psikolog Tika Bisono

Menurut Tika, jika ada rumah yang tidak pernah terbuka pintunya, atau ada keluarga yang jika diundang tak pernah datang, dan sebagainya, maka “tujuh pendekar” ini seharusnya memeriksa.

Tentang kondisi mental orang usia tua yang layak, Tika mengutip pakar psikologi Erik Erikson tentang delapan tahap perkembangan manusia. Di tahap terakhir, usia 65 tahun ke atas, manusia mencapai tahap integritas dalam dirinya.

“Integritas itu dalam bentuknya adalah berhasil memenuhi komitmen dalam hubungan antara dirinya sendiri dengan orang lain. Jadi hubungan antarmanusianya sudah paripurna. Dia sendiri sudah bisa menerima diri bahwa dia sudah tua,” lanjut Tika.

Baca Juga: Diskusi SATUPENA, Satrio Arismunandar: Orang yang Berumur Panjang Biasanya Memiliki Jaringan Sosial yang Kuat

“Tetapi kalau umur baru 50-an, jangan bilang bahwa dirinya sudah bau tanah, siapin kain kafan, dan kerjanya ngaji saja. Masih jauh. Allah juga ingin kita masih menikmati hidup,” tuturnya. ***

 

Berita Terkait