DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Olimpiade Paris 2024: Atlet Angkat Besi Rizki Juniansyah Raih Emas, Sekaligus Pecahkan Rekor

image
Rizki Juniansyah (tengah) di Jakarta Minggu 21 Juli 2024 sebelum bertolak ke Paris untuk mengikuti Olimpiade Paris 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Atlet angkat besi (lifter) putra Indonesia Rizki Juniansyah menyabet emas sekaligus memecahkan rekor di pertandingan kelas 73 kilogram putra Olimpiade Paris 2024 di South Paris Arena 6, Prancis, Kamis 8 Agustus 2024 waktu setempat.

Lifter berusia 21 tahun itu menyelesaikan total angkatan seberat 354 kilogram berupa angkatan snatch 155 kilogram dan angkatan clean & jerk 199 kilogram.

Rizki menyelesaikan angkatan snatch pada percobaan kedua dengan beban 155 kilogram setelah sebelumnya gagal di percobaan pertama.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Spanyol ke Final Usai Singkirkan Maroko

Ia kemudian menambah beban menjadi 162 kilogram di percobaan ketiga namun gagal diselesaikan.

Di angkatan snatch, Rizki bersama lifter Kolombia Mosquera Luis yang juga berhasil dengan angkatan 155 kilogram di posisi kedua, di bawah lifter China Shi Zhiyong yang mencatatkan beban angkatan165 kilogram di percobaan kedua.

Shi Zhiyong mencoba memecahkan rekor angkatan snatch Olimpiade dengan menambah beban menjadi168 kilogram namun masih gagal pada percobaan ketiga.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Prancis Melawan Spanyol di Final Jumat Malam WIB

Tertinggal 10 poin, Rizki kemudian mencoba mengejar pada angkatan clean and & jerk.

Di percobaan pertama Rizki mengangkat beban seberat 191 kilogram. Rizki kemudian menambah beban menjadi 199 kilogram di percobaan kedua dan berhasil diselesaikan dengan gemilang.

Beban angkatan Rizki tersebut sekaligus memecahkan rekor angkatan clean & jerk Olimpiade.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Atlet Panjat Tebing Indonesia Veddriq Leonardo Raih Emas

Pesaingnya, Shi Zhiyong di angkatan snatch, gagal dalam tiga percobaan pada angkatan clean & jerk.

Perolehan medali emas yang ditorehkan Rizki menambah koleksi medali bagi tim Indonesia menjadi dua medali emas, (satu emas sebelumnya disabet atlet panjat tebing Veddriq Leonardo) serta satu perunggu yang ditorehkan atlet bulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung. ***

Berita Terkait