DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Profil dan Biodata Max Verstappen, Juara Formula 1 GP Belanda

image
Max Emilian Verstappen profil dan biodata juara Formula 1 GP Belanda

ORBITINDONESIA - Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen berhasil menjadi juara Grand Prix Formula 1 Belanda diSirkuit Zandvoort, Minggu, 4 September 2022.

Max Verstappen menjadi tercepat setelah ungul atas pembalap Mercedes, George Russel dan Charles Leclerc dari Ferrari.

Ini adalah kemenangan keempat Max Verstappen secara beruntun di F1 2022 lantaran ia juga menjadi juara Formula 1 di Prancis, Hungaria, dan Belgia.

Baca Juga: SPBU Vivo Berani Jual BBM dengah Harga Murah, Inilah Lokasi dan Nama Pemiliknya

Max Verstappen sudah memenangkan 10 seri balapan F1 2022 dari 15 yang telah diselenggarakan. Leclerc menang tiga kali, lali Perez dan Sainz masing-masing sekali.

Berikut ini redaksi OrbitIndonesia akan membahas biodata dan profil serta perjalanan karir Max Verstappen.

Max Verstappen lahir pada tanggal 30 September 1997, di Hasselt Belgium. Artinya saat ini Max Verstappen berusia 24 tahun.

Baca Juga: Seto Nurdiantoro Syukuri Raihan Satu Poin Bagi PSS Sleman di Kandang Dewa United

Lahir di Hasselt, Belgia, pada tahun 1997, tidak lama kemudian Max Verstappen muda memasuki trek balap, dan pada tahun 2003 ia bermain karting secara teratur di Genk, Belgia.

Dilansir Utara Times dari redbull.com bahwa selain ayah yang terkenal cepat, ibu Verstappen, Sophie, juga seorang pengemudi kart yang sukses.

Tahun 2005, segalanya menjadi serius dan dia mengambil bagian dalam kejuaraan pertamanya, Belgia Championship Mini (VAS), di mana dia memenangkan semua 21 balapan.

Baca Juga: Michael Krmencik Terpantau Timnas Ceko Usai Cetak 2 Gol ke Bhayangkara FC

Tahun 2013, Max Verstappen telah memenangkan hampir semua yang ditawarkan karting, memenangkan kejuaraan KZ Dunia 2013 di Varennes-sur-Allier di Prancis.

Pada usia 16 tahun, Max Verstappen merebut kejuaraan F3, memenangkan balapan keenamnya sebelum memenangkan enam kemenangan berturut-turut yang luar biasa dalam seri ini, menempati posisi ketiga dalam peringkat keseluruhan.

Tiba sebagai pesaing termuda balapan F1 yakni pada usia 17 tahun, Max Verstappen mendorong mobilnya, saingannya, dan buku rekor olahraga hingga batasnya.

Max Verstappen bergabung dengan Scuderia Toro Rosso pada 2015, keputusan tersebut menjadikannya pembalap termuda pada ajang balapan F1 dalam sejarah, melampaui rekor Jaime Alguersuari hampir dua tahun.

Baca Juga: Hari Radio Nasional, Yuk Mengenal Radio Hoso Kyoku yang Menjadi Cikal Bakal RRI

Max Verstappen kemudian mencetak 49 poin yang mengesankan di musim debutnya, mengambil dua tempat keempat.

Setelah hanya empat balapan di tahun 2016, Verstappen pindah dari Scuderia Toro Rosso untuk bergabung dengan Red Bull Racing dan membalap bersama Daniel Ricciardo.

Sikap Max Verstappen yang pantang menyerah dan pertahanan yang keras kadang-kadang membuatnya berada dalam masalah dengan rekan-rekan yang lain.

Tetapi kesalahan yang awalnya merusak potensinya telah memberi jalan menuju kedewasaan, sementara keberanian dan energi yang membuatnya menjadi talenta blockbuster tetap ada hingga kemenangan pun terus datang.

Baca Juga: Cara Akun Radar Istana Melancarkan Kampanye Fitnah dan Video Hoaks Terhadap Ade Armando

Karir Max Verstappen mencapai puncak pada gelar balapan F1 pertamanya, di mana ia berada di bawah tekanan tanpa henti dari juara dunia 2007 Kimi Raikkonen yang finish di tempat kedua.

Namun, Max Verstappen belum selesai di sana. Enam podium lebih lanjut, termasuk balapan di Brasil yang diguyur hujan, menempatkan Max Verstappen di urutan kelima secara keseluruhan di Kejuaraan Dunia 2016 dan mengukuhkannya sebagai talenta muda terpanas di ajang balapan F1.

Max Verstappen kemudian finis meraih juara dunia untuk pertama kalinya pada tahun 2001 di mana Ia berhasil mengamankan gelar juara dunia balapan F1 pertamanya di balapan terakhir musim tersebut di Abu Dhabi.

Baca Juga: Anies Baswedan Menuju Lengser: Anies Resmikan Gereja, Netizen Heboh

Biodata Max Verstappen dikutip Utara Times dari formula1.com

Nama: Max Emilian Verstappen

Lahir: Hasselt, Belgia

Tanggal Lahir: 30 September 1997

Tim: Red Bull Racing

Negara: Belanda

Baca Juga: Hari Radio Nasional, Yuk Mengenal Radio Hoso Kyoku yang Menjadi Cikal Bakal RRI

Podium: 64

Grand Prix: memasuki 147

Juara Dunia: 1 kali

Itulah profil dan biodata Max Verstappen, sang juara dunia balapan F1 lengkap dengan umur, akun Instagram, dan jejak karir. ***

 

 

 

 

Berita Terkait