DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Piala Eropa 2024: Menang Melawan Portugal, Georgia Lolos ke babak 16 Besar

image
Pertandingan grup F piala eropa 2024 Georgia melawan Portugal. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Georgia lolos ke baba 16 besae PIala Eropa 2024 setelah mengalahkan Portugal 2-0 di Stadion Veltins-Arena, Schalke, Kamis 27 Juni 2024 dini hari WIB.

Gol kemenangan Georgia ini dicetak oleh Khvicha Kvaratskhelia dan Georges Mikautadze, di masing-masing babak.

Kemenangan ini mengantar Georgia di peringkat ketiga klasemen sementara dengan empat poin dari tiga pertandingan, sedangkan Portugal juara grup F dengan enam poin.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Inggris Puncaki Klasemen Meski Bermain Imbang Melawan Slovenia

Georgia berhasil lolos ke babak 16 besar setelah menjadi salah satu peringkat ketiga terbaik.

Georgia akan bertanding melawan Spanyol di babak 16 besar di Stadion RheinEnergie, Cologne, Senin 1 Juli pukul 02.00 WIB.

Portugal melawan Slovenia di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Selasa 2 Juli pukul 02.00 WIB.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Juara Grup dan Menang Melawan Belanda, Austria Patahkan Prediksi Banyak Pihak

Jalannya pertandingan

Babak pertama Georgia membuat gol cepat menit kedua setelah umpan Georges Mikautadze dapat dikonversikan menjadi gol oleh Khvicha Kvaratskhelia.

Tertinggal satu gol, Portugal berupaya untuk menyamakan kedudukan, salah satunya lewat tendangan bebas Cristiano Ronaldo yang masih dapat diamankan kiper Georgia Giorgi Mamardashvili.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Inilah 11 Negara yang Sudah Lolos ke Babak 16 Besar

Diogo Dalot yang menciptakan peluang untuk Portugal, akan tetapi sundulan yang ia lepaskan masih belum menemui sasaran.

Portugal terus menggempur lini pertahanan Georgia, kali ini lewat tendangan keras Joao Palhinha, namun kembali Mamardashvili melakukan penyelamatan.

Sisa waktu babak pertama, Portugal terus berupaya untuk setidaknya menyamakan kedudukan, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 1-0 untuk keunggulan Georgia tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Portugal langsung memperagakan permainan menyerang dan menciptakan peluang lewat tendangan Danilo Pereira yang masih menyamping dari gawang.

Georgia berbalik memberikan ancaman melalui tendangan keras dari Kvaratskhelia, namun kali ini bola dapat diamankan kiper Portugal Diogo Costa.

Georgia mendapat peluang untuk menambah keunggulan setelah dihadiahi tendangan penalti karena Luca Lochoshvili dilanggar oleh Antonio Silva di kotak terlarang.

Georges Mikautadze yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dengan baik setelah tendangannya tak dapat dijangkau oleh Diogo Costa sehingga skor berubah menjadi 2-0 pada menit 57.

Tertinggal dua gol, Portugal berupaya untuk memperkecil ketertinggalannya lewat tendangan Chico Conceicao yang masih menyamping dari gawang Georgia.

Portugal pada akhir-akhir pertandingan sempat menciptakan peluang emas lewat tendangan Nelson Semedo, namun Mamardashvili kembali melakukan penyelamatan.

Pada sisa waktu pertandingan, Portugal terus menggempur lini pertahanan Georgia, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-0 untuk kemenangan Skuad Jvarosnebi tetap bertahan. ***

Berita Terkait