DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Desa Ilung di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Wakili Kalimantan pada Lomba SDGs Tingkat Nasional 2024

image
Kegiatan rembuk stunting 2024 dalam mewujudkan program Sustainable Development Goals (SDGs) Desa atau pembangunan berkelanjutan di Desa Ilung, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Pemkab HST)

ORBITINDONESIA.COM - Desa Ilung, Kecamatan Batang Alai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) mewakili regional Kalimantan untuk mengikuti lomba Sustainable Development Goals atau SDGs (tujuan pembangunan berkelanjutan) tingkat nasional 2024.

Desa Ilung terpilih setelah meraih juara 1 lomba SDGs Desa 2024 regional Kalimantan, yang digelar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dengan mengusung tema “Pemanfaatan Dana Desa Dalam Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Implementasi SDGs Desa.”

“Alhamdulillah, Desa Ilung meraih Juara 1 SDGs Desa Regional Kalimantan, dan melaju ke tingkat nasional,” kata Camat Batang Alai Utara, Budi Haryanto di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Minggu, 16 Juni 2024.

Baca Juga: Menko Polhukam Hadi Tjahjanto: Perangkat Desa Agar Pastikan Pilkada Serentak 2024 Berjalan Kondusif

Hal tersebut sesuai dengan pengumuman dari Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kemendes PDTT RI Nomor 254/PRI.05.VI/2024 tentang Penetapan Hasil Seleksi Tahap Empat Lomba SDGs Desa Tahun 2024.

“Ada dua desa di Hulu Sungai Tengah yang mewakili Kalimantan Selatan pada lomba SDGs Regional Kalimantan, yakni Desa Ilung dan Desa Pandawan mengikuti seleksi tahap 4 memperebutkan juara 1 Regional Kalimantan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pada tahap empat, Desa Ilung berhasil menjadi juara 1, sementara Desa Pandawan sukses meraih juara 3 regional Kalimantan lomba SDGs Desa 2024.

Baca Juga: Polisi: Ledakan di Desa Ligarmukti, Klapanunggal Bogor Sebabkan Korban Jalani Amputasi

Dengan hasil itu, kata Budi, Desa Ilung terpilih mengikuti seleksi tahap 5 (verifikasi lapangan) untuk memperebutkan juara nasional lomba SDGs Desa Tahun 2024 pada 20 Juni mendatang.

Dia menjelaskan, sesuai petunjuk pelaksanaan, lomba SDGs Desa 2024 memfokuskan goals 1, 2, 3, 4, 8, dan 13 sebagai bagian dari kriteria penyeleksian dalam menentukan desa yang dinilai mempunyai keberhasilan dalam mengimplementasikan SDGs desa untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan.

Budi mengucapkan terima kasih atas pendampingan, fasilitasi, dan pembinaan dari seluruh pihak yang telah mendukung hingga Desa Ilung meraih Juara 1 Regional Kalimantan, serta terima kasih atas arahan dan petunjuk dari Bupati HST dalam pencapaian SDGs desa.

Baca Juga: Pilkada Jawa Tengah: Penggerak Desa Dukung Kader Gerindra Sudaryono

Bupati HST Aulia Oktafiandi mengucapkan rasa syukur dengan prestasi uang diraih dua desa di wilayahnya, serta meminta dukungan semua pihak kepada Desa Ilung dalam menghadapi seleksi tahap 5 verifikasi lapangan.

Ia juga mengapresiasi keberhasilan Desa Pandawan dalam melakukan pembangunan desa yang berkelanjutan sesuai SDGs karena berhasil sebagai juara 3 regional Kalimantan.

“Mari kita jadikan keberhasilan yang diraih oleh Desa Ilung dan Desa Pandawan menjadi motivasi bagi desa lain untuk terus mengembangkan kemajuan desa yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat,” ujar Aulia. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait