DECEMBER 9, 2022
Militer

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto: TNI Siapkan Pesawat Angkut Warga Palestina Korban Penyerangan Israel

image
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di kantor Majelis Ulama Indonesia, Jakarta, Jumat 14 Juni 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyiapkan tiga unit pesawat untuk mengangkut warga Palestina yang cedera akibat serangan Israel untuk dirawat di Indonesia.

Dari paparannya di kantor Majelis Ulama Indonesia, Jakarta, Jumat, 14 Juni 2024,  Agus Subiyanto menjelaskan tiga pesawat milik TNI AU tersebut di antaranya Boeing-737 400/500 serta Hercules C-130 tipe J dan Tipe H.

Untuk pesawat Boeing dapat menampung 41 crew, 86 penumpang dan logistik yang beratnya mencapai 10.000 kilogram.

Baca Juga: Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Terima Gelar Adat Melayu

Untuk perawatan Hercules tipe J dapat menampung penumpang dan crew sebanyak 51 orang dan tipe H Sebanyak 55 orang.

Pesawat tersebut akan beroperasi mengantar warga Palestina ke Indonesia agar dapat dirawat di rumah sakit pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto dan Rumah Sakit Panglima Besar Soedirman.

Dua rumah sakit tersebut dapat menampung pasien sampai 1.000 orang. Agus memastikan seluruh korban akan mendapat penanganan medis yang berkualitas.

Baca Juga: Pakar Politik Muradi Dukung Langkah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Hukum Prajurit yang Main Judi Online

Selain pengobatan medis, ia juga menyediakan petugas khusus mengobati trauma.

TNI juga telah menyiapkan bantuan lanjutan untuk dikirim ke Gaza berupa kapal yang akan menjadi rumah sakit apung, alat pertahanan tambahan sampai bantuan logistik.

Agus memastikan bantuan tersebut akan dikirimkan jika gencatan senjata di Gaza dan TNI mendapat mandat dari Perserikatan Bangsa Bangsa. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait