DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Tertarik Aceh Moslem Fashion Festival di Jakarta, UNESCO Undang Aceh Berpartisipasi di Peragaan Busana di Paris

image
Melani Subarni (tengah) didampingi Kepala Dinas Kebuadayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal (kiri) dan Wakil Ketua III DPRA Aceh Safaruddin di AMFF 2024, di Sarinah Mall, Jakarta, Sabtu 5 Mei 2024. (ANTARA/HO-Dekranasda Aceh)

ORBITINDONESIA.COM - Organisasi Pendidikan Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization/UNESCO) tertarik Aceh Moslem Fashion Festival (AMFF) 2024 di Jakarta, Sabtu 25 Mei malam.

"Mereka mengundang kami untuk tampil peragaan busana di Paris pada September," kata Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh, Melani Subarni dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Menurutnya, acara yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Aceh itu digelar tiga hari dari Jumat sampai Minggu ini bertujuan memamerkan wastra Aceh agar mendunia.

Baca Juga: Pilkada Aceh 2024: PAN Aceh Terima Pendaftaran 41 Bakal Calon Kepala Daerah Plus 32 Wakil Kepala Daerah

Ia mengundang delapan desainer asal Aceh untuk menyulap karya busana muslim yang modis dengan sentuhan wastra khas dari berbagai daerah di Aceh.

Desainer yang diundang di antaranya Wignyo, Noona by Rania Putri Inayah, hingga Punisouv Aceh Jaya.

Melani berharap AMFF ini bisa membuat desainer Aceh semakin termotivasi dalam berkarya karena hasilnya bisa dilihat masyarakat.

Baca Juga: 10 Ribu Perantau Asal Aceh di Jabodetabek Berkumpul Melepas Rindu: Ada Kuah Beulangong Sebagai Sajiannya

Apalagi, Jakarta telah menjelma sebagai kota global, sehingga wisatawan asing maupun domestik yang datang bisa menyaksikan langsung karya-karya mereka.

Melani menilai, Aceh memiliki potensi besar untuk melahirkan tren fesyen yang tak kalah menarik dibanding daerah lain.

Menurutnya, masyarakat sepatutnya ikut berbangga karena wastra Aceh menjadi salah satu dari sekian banyak wastra nusantara yang telah mendunia.  ***

Sumber: Antara

Berita Terkait