DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Halaman Rumah Panas? Ini Dia 6 Pohon Rindang yang Meneduhkan Namun Akarnya Tidak Membuat Pondasi Rusak

image
Ini Dia 6 Pohon Rindang yang Meneduhkan Namun Akarnya Tidak Membuat Pondasi Rusak.

ORBITINDONESIA.COM – Akhir-akhir ini, cuaca semakin memanas akibat kemarau panjang dan pemanasan global yang kian hari kian mengkhawatirkan.

Untuk mengurangi pemanasan global yang semakin parah, hal kecil yang bisa kita lakukan adalah menanam pohon rindang di sekitar kita agar mengurangi panas yang menyengat akibat teriknya matahari.

Jika kalian memiliki halaman rumah yang tidak terlalu luas, kalian bisa mulai menanam satu pohon rindang yang dapat meneduhkan rumah kalian.

Baca Juga: Padat Pengunjung! Hari ke 3 The Girl Fest Ditutup Nagita Slavina, Brandon Salim, Caitlin Halderman dan Awdella

Namun, apabila kalian khawatir tentang pohon rindang yang akarnya dapat merusak pondasi rumah, sepertinya kalian tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini kami akan memberikan rekomendasi pohon rindang yang aman untuk pondasi rumah.

Pohon rindang merupakan jenis pohon yang biasanya ditanam di halaman rumah agar halaman rumah lebih sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Selain rindang, pohon jenis tersebut tentunya menghasilkan oksigen yang baik untuk orang-orang di sekitarnya.

Baca Juga: Ini Dia Urutan yang Benar Agar Make Up Kamu Tahan Lama Dipakai Seharian

Pohon rindang juga biasanya merupakan jenis pohon berkayu yang besar sehingga selain membuat sejuk halaman, kayunya juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Selain itu, pohon jenis ini biasanya dikenal memiliki dahan yang tinggi dan rimbun sehingga akar pohonnya lebih besar, kuat dan masuk kedalam tanah.

Maka dari itu tak heran jika banyak pohon rindang tentunya dapat merusak pondasi rumah, aspal, bahkan susunan semen yang ada di sekitar pohon.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik tentang Desainer Legendaris Oscar De La Renta

Akan tetapi, nyatanya masih ada beberapa pohon rindang yang akarnya tidak merusak pondasi rumah loh.

Apa saja jenis pohon tersebut? Berikut 6 pohon rimbun yang akarnya tidak merusak pondasi dan cocok ditanam di halaman rumah yang tidak terlalu luas:

Pohon Mangga

Selain buahnya yang populer, pohon mangga juga memiliki akar dan batang yang sangat kokoh namun akarnya tak merusak pondasi atau tanah.

Baca Juga: PECAH! Reality Club Sukses Getarkan Fandom Super Land di Bandung, Begini Keseruannya

Hal ini disebabkan karena akar pohon mangga lebih merambat kebawah dan bukan ke samping sehingga jenis pohon ini cocok dijadikan pohon peneduh.

Pohon Tabebuya

Pohon ini memiliki bunga pink yang indah dan jika dilihat dari jauh tampak seperti layaknya pohon sakura yang banyak terdapat di Jepang.

Selain indah, pohon Tabebuya sering dijadikan pohon peneduh yang banyak ditanam di pinggir jalan bahkan dijadikan peneduh di sekitar rumah karena akarnya tidak merusak area sekitar.

Baca Juga: The Girl Fest Hadir di Surabaya! Nagita Slavina hingga Erick Thohir Bakal Hadir, Beli Tiketnya di Sini

Ketinggian pohon Tabebuya dapat mencapai 8 meter dan memiliki daun yang tidak mudah rontok sehingga membuat pohon ini menjadi rimbun dan rindang serta cocok sebagai peneduh.

Pohon Flamboyan

Pohon Flamboyan biasanya tumbuh melebar dan membentuk payung dengan ketinggian berkisar 9 - 15 meter.

Pohon ini juga sering disebut sebagai pohon semarak api karena bentuk hingga warna daunnya yang berwarna orange hingga merah sehingga tampak meriah dan indah.

Baca Juga: Menjelajahi JIPFest Hajatannya Fotografi Jakarta

Akar pohon ini tergolong kokoh namun tidak merusak sekitarnya sehingga cocok untuk dijadikan tanaman peneduh rumah karena selain rimbun dan rindang warnanya juga menarik dan indah.

Pohon Pucuk Merah

Memiliki warna daun hijau yang ujungnya berwarna merah menjadikan tanaman ini disebut sebagai pohon pucuk merah karena alasan tersebut.

Pohon Pucuk Merah memiliki bunga atau tunas daun yang menyerupai pohon cengkeh namun sebenarnya pohon ini tidak berbuah.

Baca Juga: Mengikuti Jejak Elegan: Tren Fashion dan Gaya Hidup Terbaru

Banyak orang yang menanam pohon ini di sekitaran rumah atau kantor karena akarnya yang tidak merusak pondasi.

Pohon Mahoni

Pohon Mahoni juga menjadi salah satu pohon yang akarnya tak merusak pondasi rumah meskipun memiliki kayu yang kokoh dan daun yang rimbun.

Ukuran dan diameter pohon yang besar membuat pohon ini cocok ditanam agar halaman lebih sejuk dan rindang.

Baca Juga: Ekspresi Data Denny JA: Media Sosial sebagai Pengeras Suara, di Indonesia Pemilik Akun WhatsApp yang Terbanyak

Pohon ini juga dapat menyerap CO2 maksimal 70 persen di udara dan akarnya dapat mengikat air tanah.

Maka dari itu, pohon ini sangat cocok ditanam di daerah yang rentan kekurangan air.

Pohon Bungur

Karena akarnya tidak merusak tanah di sekitarnya, pohon ini sering sengaja ditanam di pinggir jalan dan sungai sebagai pohon peneduh.

Baca Juga: Ingin Berkebun Tapi Halaman Sempit, Ini Tips Budidaya Kangkung dengan Sistem Hidroponik

Pohon ini juga menyuguhkan pemandangan yang cantik dari bunganya yang berwarna merah muda.

Selain itu, perawatan pohon Bungur juga cukup mudah dan murah sehingga cocok juga ditanam di halaman rumah.

Itulah dia ketujuh pohon rindang yang akarnya tidak merusak tanah dan pondasi di sekitarnya sehingga cocok untuk ditanam di halaman rumah kalian.***

Berita Terkait