DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Jagatps.id yang Diinisiasi ALDERA Optimistis Umumkan Hasil Hitung Suara Pemilu, 3 Hari Setelah Pencoblosan

image
Konferensi pers peluncuran jagatps.id yang didukung ALDERA, Senin 18 September 2023.

ORBITINDONESIA.COM - JagatPS.id yang diinisiasi oleh ALDERA merasa optimis mampu mengumumkan hasil penghitungan suara Pemilu dalam waktu 3 hari setelah pencoblosan.

ALDERA (Aliansi Demokrasi Rakyat) menyediakan satu sistem berbasis teknologi informasi untuk pengumpulan, verifikasi dan input, rekapitulasi, dan perilisan (publish) ke jagatps.id hasil rekapitulasi suara pemilu.

ALDERA akan menggalang kerja sama seluas-luasnya, melibatkan perguruan tinggi negeri dan swasta, ormas dan LSM, setiap partai politik. Yakni, untuk menghimpun sebanyak-banyaknya juru catat di tiap TPS di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Spoiler Drakor My Lovely Liar Episode 16, Segera Berkahir, Akankah Mok Sol Hee Menerima Lamaran Kim Do Ha

Hal itu diungkapkan Teddy Wibisana, Ketua ALDERA, pada konferensi pers hari Senin, 18 September 2023. 

Selain itu, ditambahkan oleh Teddy, melalui media sosial, ALDERA juga mengundang siapapun yang mau terlibat.

Memperjuangkan demokrasi berarti memperjuangkan Pemilu yang luber jurdil dan berintegritas. Ini kerja gotong royong kita bersama.

"Bersama kita bisa menghitung cepat dan akurat, serta mengumumkan hasil penghitungan suara dalam waktu 3 hari setelah pencoblosan," tegasnya.

Baca Juga: Efek Pygmalion Bisa Berdampak Positif Pada Kinerja

Penetapan hasil Pemilu diatur dengan ketentuan, KPU Kabupaten/Kota menetapkan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPRD kabupaten/kota, paling lambat 20 hari setelah hari pemungutan suara.

KPU Provinsi menetapkan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPRD provinsi paling lambat 25 hari setelah hari pemungutan suara.

KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional dan hasil perolehan suara Pasangan Calon, perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPR, dan perolehan suara untuk calon anggota DPD paling lambat 35 hari setelah hari pemungutan suara.

Semakin lama proses penghitungan suara, semakin besar risiko kecurangan.

Baca Juga: Pejuang CASN Harus Tahu! Ini Passing Grade PPPK 2023

Aliansi Rakyat untuk Demokrasi merupakan aliansi rakyat untuk menjaga demokrasi dengan mengawal Pemilu. Aliansi ini diinisiasi oleh ALDERA (Aliansi Demokrasi Rakyat), sebuah organisasi yang bertujuan memperjuangkan demokrasi.

Sejak awal dekade 1990-an, ALDERA berperan dalam perlawanan atas rezim Orde Baru, mengantar Indonesia memasuki Reformasi Mei 1998.

Memperingati 25 Tahun Reformasi, ALDERA melakukan berbagai gebrakan, mulai dari menerbitkan buku “ALDERA: Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993-1999”, mengadakan Kuliah Umum dan Bedah Buku di 36 daerah seluruh Indonesia dari Aceh sampai Papua.

Serta, peringatan 25 Tahun Reformasi-Reformasi Memanggil, yang kabarnya diikuti oleh 25 ribu peserta pada 21 Mei 2023, di Gedung DPR/MPR. ***

Berita Terkait