DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Lama Jadi Buron KPK, Koruptor Harun Masiku Terdeteksi Ada di Kamboja

image
Lama Jadi Buron KPK, Koruptor Harun Masiku Terdeteksi Ada di Kamboja

ORBITINDONESIA.COM- Koruptor Harun Masiku dikabarkan berada di Kamboja. Seperti diketahui, Harun Masiku merupakan koruptor kasus suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024.

Sejak KPK menetapkan Harun Masiku sebagai tersangka pada Januari 2020, ia menjadi buron. Setelah lama tidak diketahui, pada Juli 2021 Harun Masiku masuk ke dalam daftar buronan dunia (red notice).

Kini Polri mengusut adanya kabar buronan KPK Harun Masiku yang berada di negara Kamboja.

Baca Juga: Adik Presiden UEA, Sheikh Saeed bin Zayed Al Nahyan Wafat, Pemerintah Tetapkan Hari Berkabung Nasional 3 Hari

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan pihaknya menyurati Interpol Kamboja untuk meminta klarifikasi kabar tersebut.

“Interpol Indonesia sudah mengirimkan permintaan kepada Interpol Kamboja melalui channel 1-24/7 terkait klarifikasi terhadap isu tersebut,” ujar Ramadhan, Kamis 27 Juli 2023.

Ramadhan menuturkan, Interpol Kamboja mempunyai kewajiban untuk memberikan informasi ke Indonesia apabila adanya kabar itu lantaran Indonesia sudah mengajukan penerbitan red notice.

Baca Juga: BRICS: Warren Buffet Memprediksi Masa Depan Dollar AS

Baca Juga: Inilah Makna Mendalam Lagu Troy Milik Sinead O'Connor, Penuh Pesan Penderitaan

“Kewajiban dari Interpol dari negara tersebut untuk menahan subjek dan menginformasikan ke interpol Indonesia sebagai negara penerbit atau peminta red notice,” katanya.

“Sejauh ini interpol Kamboja belum memberikan informasi terkait rumor tersebut,” jelasnya.***

 

Berita Terkait