DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Mengenal Sejarah Singkat Terjadinya Hari Pahlawan 10 November, Para Pelajar Wajib Tahu

image
Inilah ulasan sejarah singkat tentang Hari Pahlawan 10 November.

ORBITINDONESIA- Hari Pahlawan 10 November 2022 ini bukan merupakan tanggal merah, maka dari itu para siswa dan mahasiswa tetap melakukan kegiatan belajar meskipun.

Namun seperti biasanya diadakan peringatan Hari Pahlawan 10 November dengan mengadakan upacara bendera.

Sebagai bangsa terpelajar sudah sepatutnya kita mengetahui sejarah tentang Hari Pahlawan 10 November. 

Baca Juga: TERBARU! Contoh Isi Teks Doa yang Dibacakan Saat Upacara Senin Tema Hari Pahlawan 10 November

Berikut ini ulasan sejarah singkat tentang Hari Pahlawan 10 November.

Sejarah Hari Pahlawan 10 November

Hari Pahlawan sendiri mempunyai sejarah panjang, salah satunya adalah pertempuran besar yang terjadi di surabaya. Pelajar harus tahu bagaimana sejarah Hari Pahlawan.

Sebagaimana dilansir dari pedoman Hari Pahlawan Nasional, yang diperingati pada 10 November 1945 terjadi pertempuran di surabaya yang merupakan pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris terhadap sistem kolonialisme setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Contoh Khutbah Jumat Lengkap dengan Bahasa Arab Tema Hari Pahlawan 10 November

Bentrokan antara tentara Indonesia dengan pasukan Inggris dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (pimpinan tentara Inggris untuk jawa timur) pada 30 Oktober 1945.

Kematian Jendral Mallaby ini menyebabkan pihak Inggris marah kepada pihak Indonesia dan akibatnya pada keputusan pengganti Jenderal Mallaby yaitu Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh yang mengeluarkan ultimatum pada 10 November 1945 yang meminta pihak indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA.

Serta ancaman yang akan menggempur Kota Surabaya dari darat, laut dan udara apabila orang-orang indonesia tidak menaati perintah inggris.

Baca Juga: Begini Penyebab Kucing Muntah Akut yang Perlu Anda Perhatikan Serta Cara Mengatasinya

Mereka juga mengeluarkan instruksi yang isinya bahwa semua pimpinan bangsa Indonesia dan para pemuda di Surabaya harus datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945, pukul 06.00 pagi pada tempat yang telah ditentukan.

Namun ultimatum itu tidak ditaati oleh rakyat Surabaya, sehingga terjadinya pertempuran

Surabaya yang sangat dahsyat pada tanggal 10 November 1945, selama lebih tiga minggu lama dan mengakibatkan banyak korban yang tewas mencapai 20 ribu jiwa.

Baca Juga: Mom, Inilah Cara Mengatasi Anak yang Tidak Suka Makan Sayur

Sehingga pada tanggal 10 November 1945 dijadikan hari Pahlawan Nasional Indonesia untuk menghormati para jasa pahlawan yang ikut berperang saat itu.

Terima kasih pahlawan, kami siap melanjutkan perjuanganmu. Semangatmu selalu menggelora di dada. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022.***

Berita Terkait