DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Ya Tuhan, Perempuan Berusia 101 Tahun di Kota Surabaya Ini Disuruh Mengemis Oleh Anaknya Perempuan

image
Petugas Dinas Sosial Memberi Bantuan kepada Basiti, Perempuan 101 Tahun.

ORBITINDONESIA – Seorang perempuan berusia 101 tahun diberi pendampingan oleh Dinas Sosial Kota Surabaya setelah ia disuruh mengemis oeh anaknya.

Menurut informasi, perempuan bernama Basiti warga Tambak Wedi Baru 17/84, Kota Pahlawan, Jawa Timur, yang disuruh mengemis olehnya perempuan, Sunarjah (49 tahun).

Menurut Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya Anna Fajriatin di Surabaya, Sabtu, 17 September 2022, instansinya langsung turun tangan memberi bantuan ke rumah Basiti agar bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga: Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Jalani Perawatan Intensif di Rumah Sakit Selangor Malaysia

Selain memberi bantuan, Dinas Sosial Kota Surabaya juga mengingatkan Sunarjah agar tidak menyuruh orangtuanya mengemis.

Anna juga berkoordinasi dengan kelurahan setempat untuk memastikan bahwa Basiti telah memperoleh bantuan makanan dari pemerintah Surabaya.

"Kami sudah sampaikan, memberi bantuan makanan kepada keluarga Basiti setiap bulan," ujar Anna.

Selain bantuan pangan, Dinas Sosial Surabaya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Cipta Karya Surabaya untuk memfasilitasi rumah susun sederhana sewa (rusunawa) sebagai tempat tinggal Basiti itu.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Aston Villa Menang Lawan Southampton, Steven Gerrard Belum Aman Posisinya

“Pemerintah juga menjami biaya kesehatan Basiti.”

Basiti selama ini menetap di rumah kos berukuran 3 x 4 meter.

"Kami juga menyadarkan anaknya, bahwa perbuatan tersebut telah melanggar pidana  karena termasuk eksploitasi. Tadi lurahnya juga menyampaikan, bahwa telah mengingatkan anaknya, bahkan tetangganya pun juga sudah memberi nasihat kepada yang bersangkutan," kata Anna.

Anna menyampaikan, upaya yang dilakukan agar Sunarjah tidak lagi memperlakukan ibu kandungnya seperti itu adalah memberikan pendampingan pemberdayaan ekonomi melalui program Atensi.

Baca Juga: Mom, Ini Resep Mudah Sandwich Jamur Tiram Gochujang Ala Chef Putri Mumpuni yang Bisa Ditiru di Rumah

"Ini masih kami upayakan untuk memberi pengertian terhadap Sunarjah serta keluarganya. Namun, sementara ini kami terlebih dahulu menindaklanjuti nenek Basiti," kata Anna.

Anna menambahkan, petugas dari Dinsos Surabaya sebelumnya juga telah menawarkan fasilitas untuk nenek Basiti tinggal di Griya Werdha, apabila pihak keluarga sudah tidak lagi mampu merawatnya. Namun penawaran itu ditolak oleh Sunarjah, karena merasa masih mampu untuk merawat ibunya tersebut.

"Sebenarnya kami ambil kemudian dirawat di Griya Wedha itu bisa, namun anaknya belum mau. Karena itu kan harus ada persetujuan dari pihak keluarga untuk tinggal di Griya Werdha," katanya. ***

Berita Terkait