DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Dari Megawati Garden di Korea, Megawati Serukan Pentingnya Menanam Pohon

image
Megawati Soekarno Putri Menanam Pohon di Megawati Garden di Jeju, Korea Selatan.

ORBITINDONESIA – Sebagai pecinta tanaman, Megawai Soekanoputri menyerukan semua pihak tentang pentingnya menanam pohon untuk merawat kelangsungan lingkungan hidup manusia.

Seruan Megawati ini disampaikan ketika ia menanam pohon Magnolia di Megawati Soekarnoputri Garden, Seogwipo, Provinsi Jeju, Korea Selatan, Rabu 14 September 2022.

Dalam keterangan tertulisnya, Megawati berharap semua orang merawat bumi dengan mencintai lingkungan yang terdiri dari tanaman dan hewan.

Baca Juga: Berstatus Pemain Pinjaman, Loris Karius Gabung di Newcastle United

Dalam pendangannya, merawat bumi dengan menanam pohon adalah salah satu langkah untuk melawan ancaman pemanasan global.

Peristiwa alam itu harus disadari dan diwaspadai, karena jika diabaikan dapat menyebabkan kerusakan alam yang semakin besar.

"Tidak dapat saya bayangkan kalau di bumi ini manusia tinggal di bumi yang gundul, saya maksud tentunya tidak ada tanaman, menjadi gurun pasir, dan mungkin yang ada hanya tanaman kaktus dan lain sebagainya; dan itu awal kepunahan," katanya.

Dia mengaku sangat berterima kasih dengan penamaan taman di Jeju atas nama dirinya. Oleh karena itu, Megawati sering memotivasi teman-temannya agar membuat taman sendiri dan bisa dinamai dengan nama mereka.

Baca Juga: Profil Muhammad Said Fikriansyah yang Diduga Hacker Bjorka, Ternyata Orang Cirebon

"Saya jadi sering mengatakan kepada teman saya, ayo temen-temen bikin kebun raya supaya nama kamu bisa ditaruh di situ," imbuhnya.

Megawati menanam sendiri pohon Magnolia Megawati Soekarnoputri Garden, Seogwipo, Provinsi Jeju. Hal itu menjadi kali ketiga dia menanam pohon di lokasi itu setelah tahun 2013 dan 2017 sewaktu ia meresmikan nama taman seluas 10 hektare tersebut.

Sung Soo Kim, salah seorang pemilik hotel di Jeju, mengatakan, ia berbahagia bisa menemani Megawati kembali menanam pohon.

Dia menjelaskan perjalanan Megawati menanam pohon di taman tersebut.

Baca Juga: Ahli Gizi Bilang Bahwa Kegemukan dan Darah Tinggi Bukan Dipicu Oleh Micin atau Penyedap Rasa, Tapi Oleh...

"Ini kejadian bersejarah. Kami berharap kebun ini akan menjadi lambang kedua negara (Korea Selatan dan Indonesia) akan berjalan tulus, akan berjalan selamanya, dan hubungan kedua negara makin lama makin dekat," ujar Kim.

Di Indonesia, Megawati juga mendirikan Yayasan Kebon Raya Indonesia. Dia juga terus mengampanyekan agar kebun-kebun raya lebih diperbanyak di Indonesia. ***

Berita Terkait