DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Puji Hastuti: Ekonomi Kreatif dan Pariwisata ialah Kunci Stabilitas Perekonomian Jakarta

image
Wisatawan asing berkunjung ke Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa 6 Agustus 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Kepala bidang Ekonomi Kreatif  DKI Jakarta Puji Hastuti menyebut ekonomi kreatif dan pariwisata menjadi kunci stabilitas perekonomi setelah Jakarta tidak lagi menyandang status ibu kota negara.

Menurutnya di Jakarta, Selasa 15 Oktibr 2024, ekonomi kreatif memberi kontribusi kepada Produk Domestik Regional Bruto Jakarta sebesar 10,51 persen pada 2023.

“Sehingga tidak perlu khawatir kalau tidak lagi menyandang Ibu kota," kata Puji.

Baca Juga: Suku Dinas Pariwisata Jakarta Selatan Minta Camat Ajak Warga Daftar Abang None Jakarta

Selain itu, Puji juga memaparkan bahwa sejak Januari sampai September 2024 kunjungan wisatawan ke destinasi wisata sudah mencapai angka 19 juta orang.

Katanya, apabila wisatawan menghabiskan uang di Jakarta sebanyak Rp2 juta saja, perputaran keuangan di Jakarta sudah sangat baik.

“Saya yakin dan kita optimistis akan menstabilkan perekonomian di Jakarta. Karena Jakarta adalah kota global dengan sejuta pesona,” ujar Puji.

Baca Juga: Suku Dinas Pariwisata Jakarta Pusat Latih Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Pasarkan Produk Mereka

Tak hanya itu, Puji juga memaparkan ciri dari sebuah kota global yang telah dimiliki oleh Jakarta. Misalnya ekonomi yang mapan dan terkoneksi secara global, lingkungan bersih, nyaman dan berkelanjutan, akesibilitas yang terkoneksi secara intra dan antar kota, kapasitas riset dan inovasi yang baik menerus, ruang yang nyaman untuk dihuni serta menarik wisatawan untuk berkunjung.

“Untuk menarik wisatawan, selain kita memiliki destinasi, kita juga mengadakan promosi untuk meningkatkan kunjungan wisata di setiap harinya,” kata Puji.

Puji menilai Jakarta memiliki potensi untuk bersaing dengan kota-kota global. ***

Berita Terkait