DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dukung Gim Indonesia Tampil di Tokyo Game Show

image
Sandiaga Uno (tengah). (OrbitIndonesia./kiriman)

ORBITINDONESIA.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung kehadiran pengembang gim Indonesia di pameran International Tokyo Game Show (TGS) 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Senin 23 September 2024 di Jakarta mengatakan, Tokyo Game Show 2024 adalah salah satu pameran video game terbesar di dunia dan terbesar di Asia.

Pameran video game pertama kali diselenggarakan di Jepang tahun 1996 dengan pengunjung mencapai 298 ribu orang dari seluruh dunia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dukung The 1st Indonesia Quality Tourism Conference di Bali Akhir Agustus 2024

Event TGS ini akan digelar pada 26-29 September 2024 di Makuhari Messe, Prefektur Chiba, Jepang.

Menurutnya, untuk menyukseskan kegiatan ini, kementeriannya juga berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perdagangan, serta perwakilan Indonesia di Jepang seperti Atase Perdagangan KBRI Tokyo, ITPC Osaka, dan Asosiasi Game Indonesia.

Partisipasi Indonesia dalam event ini, katanya, adalah bentuk implementasi dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Selesaikan 34 Rancangan Standar Berbasis Kompetensi

Ia berharap, lewat partisipasi Indonesia di TGS 2024 ini bisa memperkenalkan potensi industri gim nasional dan memasarkannya di pasar internasional.

"Kita harap bisa meraup (potensi transasksi) 30 juta dolar AS.”

Dalam event yang diikuti berbagai pengembang gim besar berkelas dunia seperti Capcom, Sony Interactive Entertainment, Konami, Bandai Namco, Sega, Nintendo, Ubisoft, dan sebagainya ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta akan menghadirkan paviliun Indonesia yang diisi oleh 10 pengembang gim lokal.

Baca Juga: Sandiaga Uno Sedang Godok Kebijakan Moratorium Pembangunan Hotel dan Stop Konversi Lahan Pertanian

Inilah sepuluh pengembang tersebut adalah:

1. Anantarupa Studio

2. Fat Raccoon Games

3. DigiKagi

4. Forge Fun

5. Komodoz

6. Sekuya

7. Vifth Floor

8. Lion Core Studio

9. Gambir Studio

10. Strayflux Studio ***

Berita Terkait