DECEMBER 9, 2022
Internasional

Konsulat Jenderal di Frankfurt Layani e-Paspor, Silmy Karim: Menjawab Kebutuhan

image
Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim (tengah) meluncurkan paspor elektronik atau e-paspor di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Frankfurt, Jerman, Jumat 20 September 2024. (ANTARA/HO-Ditjen Imigrasi Kemenkumham)

ORBITIDONESIA.COM - Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Silmy Karim mengatakan, layanan paspor elektronik atau e-paspor di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Frankfurt, Jerman, adalah jawaban dari kebutuhan warga negara Indonesia.

KJRI Frankfurt telah merespons tren meningkatnya kebutuhan pelayanan publik, menyusul peningkatan jumlah WNI yang cukup tinggi, khususnya dalam dua tahun terakhir. 

“Pengajuan paspor elektronik yang kini tersedia di KJRI Frankfurt memudahkan WNI yang bekerja atau sedang menjalani studi di Jerman. Jadi, prosesnya lebih cepat dan praktis,” kata Silmy sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin 23 September 2024.

Baca Juga: Hindari Operasi Jagaratara Imigrasi, WNA Asal Nigeri Melompat Dari Apartemen Lalu Patah Kakinya

Menurut Silmy, ada lebih dari 17 ribu WNI di wilayah kerja KJRI Frankfurt.

Dirjen Imigrasi pada Jumat pekan lalu meresmikan penerbitan e-paspor di KJRI Frankfurt, Jerman.

Paspor elektronik perdana diberikan kepada Konsul Jenderal RI Frankfurt, Antonius Yudi Triantoro dan WNI yang tinggal di wilayah kerja KJRI Frankfurt bernama Gwenda Praya Kinanti.

Baca Juga: Dirjen Imigrasi Silmy Karim: Golden Visa Telah Datangkan Investasi Rp4 Triliun

Frankfurt menjadi perwakilan RI ke-10 yang melayani penerbitan e-paspor.

Sebelumnya, layanan serupa telah tersedia di Singapura; Tokyo, Jepang; Seoul, Korea Selatan; Den Haag, Belanda; Jeddah, Arab Saudi; Los Angeles, Amerika Serikat; Berlin, Jerman; Sydney, Australia; dan Beijing, China.

Menurut Antonius Yudi Triantoro menyampaikan, jumlah WNI yang berada di wilayah kerja KJRI Frankfrut meningkat setiap tahunnya, mayoritas dari mereka adalah mahasiswa dan tenaga kesehatan.

Baca Juga: Imigrasi Jakarta Barat Bongkar Kasus WNA Asal China Rekrut WNI untuk Jadi Scammer di Kamboja, Thailand, Laos

Katanya, dukungan dari Atase Imigrasi Berlin dalam memberi layanan kemudahan paspor di beberapa kota di wilayah kerja KJRI Frankfurt telah membantu dan memudahkan WNI yang memerlukan penggantian paspor.

Ia menjelaskan wilayah kerja KJRI Frankfurt, antara lain, Hessen, Baden-Württemberg, Bayern, Nordrhein-Westfalen, Rheinland-Pfalz, dan Saarland dengan luas lebih dari separuh total wilayah Jerman.

Dalam kunjungan kerjanya itu, Dirjen Imigrasi juga meninjau layanan imigrasi di Kota Dusseldorf.

Baca Juga: Imigrasi Jakarta Barat Gulung 2 Orang Asal China yang Rekrut WNI Jadi Scammer di Luar Negeri

Ia berdialog dengan perwakilan kelompok masyarakat yang menyampaikan aspirasi dan pendapat dalam layanan keimigrasian, kewarganegaraan, maupun layanan publik terkait lainnya.

"Saya harapkan tidak hanya yang di Indonesia, yang di luar negeri pun merasakan hadirnya negara dengan inovasi serta perbaikan layanan yang kami lakukan," kata Silmy. ***

Berita Terkait