DECEMBER 9, 2022
Video

ORASI DENNY JA: Belajar Keberagaman dari Sayyidina Ali

ORBITINDONESIA.COM - “Mereka yang bukan saudaramu seiman, adalah saudaramu dalam kemanusiaan".

Itulah sepenggal kutipan dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib, Khalifah keempat umat Islam yang dibawakan oleh Denny JA saat berpidato dalam peringatan Arba'in oleh kaum Syiah, beberapa waktu lalu.

Denny JA mengatakan, kutipan yang terucap sekitar 1.400 tahun tersebut, masih menjadi magnet dan bersinar hingga  saat ini.

Baca Juga: ORASI DENNY JA: Kisah Cinta Tanah Air di Dalam Film Eksil

Ucapan tersebut, lanjut Denny JA, disampaikan Sayyidina Ali di dalam suratnya saat menunjuk Malik Al Asytar sebagai Gubernur Mesir pada 657 Masehi.

"Kala itu, Mesir belum seperti sekarang. Mesir itu dihuni tak hanya penduduk muslim tetapi juga banyak penduduk nonmuslim yang hampir banyaknya," kata Denny JA.

"Sayyidina Ali memberikan panduan bagiamana menjadi penguasa yang adil tidak hanya kepada sesama muslim, tetapi juga kepada mereka yang nonmuslim," lanjutnya.

Baca Juga: ORASI DENNY JA: Dibatalkannya RUU Pilkada dan Pentingnya Kompetisi Politik

Ribuan tahun beralalu, panduan tersebut masih relevan dengan zaman modern saat ini yang penuh dengan tantangan berupa kekerasan mengatasnamakan agama.

Bagaimana Denny JA "menafsirkan" konsep keadilan dari Sayyidina Ali tersebut? Simak video ORASI DENNY JA di atas.

Channel YouTube ORASI DENNY JA berisi 389 video soal filsafat hidup, sejarah, politik, agama, sastra, marketing, psikologi, hingga lagu, review buku, dan film.***

Berita Terkait