DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Pilkada Jawa Tengah 2024: Gerindra Usung Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen

image
Irjen Pol Ahmad Lutfhi bersama tokoh agama. (ANTARA/HO-Ek)

ORBITINDONESIA.COM - Partai mengusung Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen di Pilkada Jawa Tengah 2024 sebelum Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan terkait batas usia pencalonan.

"Ini jujur ya, sebelum ada keputusan judicial review MK, kita sudah berembuk untuk kemudian memasangkan di Jateng Pak Luthfi dengan Gus Yasin," kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Jakarta, Jumat 23 Agustus 2024.

Hal itu disampaikannya ketika ditanya tentang peluang Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep untuk diusung Gerindra bersama koalisi partai politik lainnya pada Pilkada 2024.

Baca Juga: Pilkada Jawa Tengah: Andika Perkasa Tunggu Penugasan Tanggapi Usulan PDIP untuk Maju Pemilihan Gubernur

Dia menepis bahwa keputusan Gerindra mengusung Taj Yasin Maimoen bukan karena dinamika yang berkembang pasca putusan MK.

"Ya itu kan ada aspirasi-aspirasi dari beberapa usulan, tapi keputusannya bukan karena ini, keputusannya memang sudah dari seminggu lebih yang lalu kita putuskan Pak Luthfi-Yasin," katanya.

Di sisi lain, dia tak menampik sempat beredarnya nama Kaesang.

Baca Juga: Pilkada Jawa Tengah 2024: Kaesang Putra Jokowi Sudah Urus Surat Belum Pernah Dipidana  

Katanya, Gerindra tak mengusung Kaesang karena sedang di luar negeri sehingga tidak mengikuti tahapan pendaftaran calon kepala daerah yang dibuka KPU mulai 27 Agustus.

"Pada saat ini kan Mas Kaesang sedang tidak berada di Indonesia karena memang ya dia enggak ikut daftar," kata dia.

Gerindra resmi mengusung Taj Yasin Maimoen menjadi calon wakil gubernur Jawa Tengah untuk mendampingi Ahmad Luthfi dalam pertarungan Pilkada 2024.

Baca Juga: Pilkada Jawa Tengah, Ahmad Muzani: Pendamping Ahmad Lutfhi sebagai Bakal Calon Wagub InsyaAllah Santri

Dari pantauan ANTARA di lokasi kantor DPP Gerindra, terlihat Ahmad Luthfi menerima surat rekomendasi yang dimasukkan di dalam map bergambar logo partai Gerindra. ***

Berita Terkait