DECEMBER 9, 2022
Olahraga

FIFA Izinkan Pemain Naturalisasi Maarten Paes Perkuat Timnas Indonesia

image
Maarten Paes. (Instagram @maartenpaes)

ORBITINDONESIA.COM – Asosiasi sepak boladunia, FIFA mengizinkan pemain naturalisasi Maarten Paes memperkuat tim nasional (Timnas) Indonesia.

“Kabar baik bagi persepakbolaan Indonesia. PSSI pada hari ini menginformasikan bahwa setelah melalui proses yang cukup lama dan ekstensif, Maarten Paes akhirnya telah berhasil didaftarkan dan sekarang secara sah dapat bermain mewakili tim nasional Indonesia,” demikian Ketua Uum PSSI Erixk Thohir di akun Instagram pribadinya @erickthohir Minggu 18 Agustus 2024.

“Dengan rasa cinta dan bangga terhadap Indonesia serta cita-citanya untuk memberikan dampak positif terhadap sepak bola Indonesia, kami yakin bahwa bergabungnya Maarten akan memperkuat tim nasional, terutama dalam menghadapi putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia.”

Baca Juga: Usai Jadi WNI, Maarten Paes yang Berdarah Jawa Ini Tak Sabar Ingin Bertanding untuk Timnas Indonesia

“Kami menyambut kedatangannya dengan tangan terbuka dan menanti tim nasional Indonesia meraih performa yang lebih baik,” tambah Erick Thohir.

Maarten Paes sudah disumpah menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 30 April 2024. Akan tetapi, pemain berusia 26 tahun itu belum bisa membela Timnas Indonesia, karena ia pernah membela Timnas Belanda kategori kelompok usia kala sudah menginjak 22 tahun.

FIFA punya aturan, bahwa pemain tidak bisa memperkuat negara lain di usia lebih dari 21 tahun ketika ingin pindah asosiasi.

Baca Juga: Setelah Jadi WNI, Maarten Paes: Saya Ingin Menempatkan Indonesia di Peta Sepak Bola Dunia

Maarten Paes pernah menjadi bagian tim Belanda kelompok usia. Timnas Belanda U19, U20, dan U21, pernah diperkuat Maarten Paes dalam rentang waktu 2016 – 2020.

PSSI kemudian memperjuangkan Maarten Paes di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Sidangnya digelar pada 15 Agustus 2024 kemarin.

Akhirnya, seperti diumumkan Erick Thohir, Maarten Paes sekarang bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Baca Juga: Pemain Diaspora Indonesia Maarten Paes Diincar Klub Seria A Italia Empoli

Pemain yang sekarang memperkuat FC Dallas di Liga Amerika Serikat itu bisa bermain di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan dimulai September 2024. ***

Sumber: detik, instagram @erickthohir

Berita Terkait