DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Muncul Wakil Aceh di Kontes Kecantikan Transgender di Jakarta, Anggota DPD Sudirman Melapor ke Kapolda Metro Jaya

image
Sudirman alias Haji Uma (kiri) di ke Polda Metro Jaya, Jumat 9 Agustus 2024. (ANTARA/HO)

ORBITINDONESIA.COM - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Aceh, Sudirman alias Haji Uma melayangkan surat ke Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto berkait kontes kecantikan transgender yang diselenggarakan pada Minggu 4 Agustus 2024 di sebuah hotel kawasan Jakarta Pusat.

"Kita minta kepada Polda Metro Jaya untuk menindaklanjuti peristiwa tersebut, " kata Sudirman di Jakarta, Jumat 9 Agustus 2024.

Sudirman menyebut kontes kecantikan transgender telah membuat gaduh ulama dan tokoh masyarakat di Aceh, karena ada seorang kontestan bernama Nyak Ayu Saree yang menjadi pemenang dan mengenakan selendang bertulis Aceh.

Baca Juga: Tak Terima Terlahir Sebagai Laki Laki, Inilah Profil Nong Poy yang Kini Jadi Transgender Tercantik di Dunia

"Warga Aceh marah, merasa terhina, tidak pernah mewakili ujug-ujug sudah ada keterwakilan. Jadi ini betul - betul membuat Aceh malu," ujarnya.

Sudirman menyoal tentang selempang bertulis Aceh yang dipakai peserta kontes tersebut.

"Kita merespons kritikan dari masyarakat, tokoh alim ulama, tokoh masyarakat di Aceh ini mohon direspons oleh Polda Metro Jaya, " katanya.

Baca Juga: HEBOH, Ada Artis Cowok Terkenal Pakai Jasa Lendir Paula Transgender, Nikita Mirzani Pegang Namanya

Kemudian, keikutsertaan mereka dalam kontes ini atas pendelegasian dari mana, atas dasar penjaringan rekrutmen dari mana.

"Aceh itu tidak mengenal kontes waria itu nggak ada. Kita berlaku syariat Islam di sana, semua harus menjunjung kepada Undang-Undang Nomor 11 tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh," ujarnya.

Sudirman berharap Kapolda Metro Jaya segera memberi tindakan kepada orang yang diduga menghina Aceh.

Baca Juga: Ada Kontes Kecantikan Transgender Nasional di Sawah Besar Jakarta Pusat, Polisi Bergerak

Kepolisian mengaku bakal memanggil penyelenggara dan manajemen hotel untuk mendalami kontes kecantikan transgender ini.

"Nanti akan didalami, diawali dari penanggung jawab lokasi, penanggung jawab acara, hingga beberapa pihak yang diperlukan untuk dimintai klarifikasi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Ade Ary Syam Indradi sewaktu dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Kasus ini muncul lewat unggahan di media sosial yang mana ada kontes kecantikan transgender yang digelar di sebuah hotel di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat. ***

Berita Terkait