DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Basarnas Latih Jurnalis Kemampuan Water Rescue Agar Siap Hadapi Bahaya Ketika Liputan di Lokasi Bencana

image
Sejumlah instruktur dari Basarnas Spesial Grup (BSG) mendampingi jurnalis mempraktikkan teknik resusitasi jantung dan paru (RJP) dalam rangkaian kegiatan pelatihan water rescue yang diselenggarakan Basarnas di Sunterlake, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis, 1 Agustus 2024 (ANTARA/M Riezko Bima Elko Prasetyo)

ORBITINDONESIA.COM - Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional atau Basarnas memberi pelatihan water rescue atau pertolongan di air bagi jurnalis supaya selalu siap dan mampu mengatasi kondisi ancaman bahaya saat melaksanakan tugas peliputan ke lokasi bencana.

Pelatihan Basarnas tersebut diikuti sebanyak 20 jurnalis pilihan dari media cetak, daring, radio dan televisi, yang digelar secara terpusat di Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta, pada Kamis - Jumat, 2 Agustus 2024.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Umum Basarnas, Hendra Sudirman saat ditemui di lokasi pelatihan, Kamis, 1 Agustus 2024 malam, mengatakan jurnalis merupakan salah satu mitra strategis yang selalu mengiringi tim Basarnas bertugas, khususnya saat peristiwa bencana alam ataupun non-alam seperti kecelakaan pesawat atau moda transportasi lainnya.

Baca Juga: Monce Brury: Basarnas Manado Siagakan 24 Personel untuk Penanganan Letusan Gunung Ruang di Sulawesi Utara

Pihaknya menilai, dengan begitu jurnalis juga ikut serta menyusuri medan yang tergolong ekstrem dan mengundang bahaya. Seperti operasi SAR korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada tahun 2021 yang menjadi salah satu contoh eratnya kerja sama antara Basarnas dengan jurnalis yang berhari-hari berada di lautan.

"Jadi kegiatan ini penting untuk jurnalis yang diharapkan menjadi bekal bagi mereka supaya siap dan mampu menghadapi berbagai situasi yang sewaktu-waktu dapat berubah, mengancam keselamatan saat ikut sama-sama bertugas," kata dia.

Pada kesempatan ini materi pelatihan yang diberikan mencakup berbagai teknik penyelamatan di air, mulai dari teknik mencapai korban (Reach), menjangkau korban (Throw), mendekati korban (Row), hingga mengangkat korban (Go).

Baca Juga: Basarnas Bali Evakuasi Jenazah Wisatawan Asal Qatar yang Hanyut di Pantai Kelingking, Nusa Penida

Selain itu, para jurnalis tersebut juga diberikan materi praktik langsung resusitasi jantung dan paru (RJP) kualitas tinggi atau perawatan darurat yang dilakukan saat pernapasan atau detak jantung seseorang terhenti.

Dengan cara sederhana mulai dari memompa bagian dada manusia menggunakan tangan dengan dekompresi 100-120 kali per menit, mengukur denyut jantung melalui urat nadi, hingga pengaplikasian alat kejut.

Meski sederhana namun, menurut dia, materi-materi tersebut memiliki kapasitas yang paling dasar dan wajib dimiliki oleh setiap individu karena akan memperbesar peluang keselamatan dalam kondisi darurat.

Baca Juga: Basarnas Kendari Evakuasi Empat Orang Kecelakaan Kapal yang Tenggelam di Perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara

​Instruktur pelatih disiapkan langsung dari regu Basarnas Spesial Grup (BSG) untuk memberikan setiap materi tersebut sehingga peserta mendapatkan pengalaman dan hasil pelatihan dapat diserap lebih maksimal.

BSG merupakan regu terbaik Basarnas yang memiliki kemampuan fisik terlatih dan mental prima serta berkeahlian khusus dalam bidang SAR gunung hutan, penyelaman laut, medis darurat, termasuk pengoperasian perangkat berteknologi canggih.

"Maka besar harapan kami pengalaman yang didapatkan dari BSG juga bisa diajarkan para peserta kepada keluarga dan rekan seprofesinya supaya terhindar dari kondisi membahayakan atau tahu bagaimana cara mengatasinya sehingga selamat," ujarnya.

Baca Juga: Direktur Operasi Basarnas Edy Prakoso: Ratusan Korban Longsor Areal Tambang Gorontalo Tersebar di Empat Titik

Remon, salah satu peserta pelatihan mengaku bawah dirinya mendapatkan banyak pengetahuan baru karena tidak hanya materi yang diberikan jelas tetapi juga dipraktikkan secara langsung di medan sebenarnya oleh instruktur profesional.

Jurnalis radio tersebut berharap selanjutnya ada lebih banyak jenis pelatihan dalam bidang kebencanaan yang diberikan Basarnas kepada kalangan jurnalis, seperti gempa bumi.

Dengan begitu para jurnalis bisa lebih maksimal memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga terhindar dari bahaya gempa bumi yang rentan terjadi hampir setiap tahun di seluruh wilayah Indonesia.***

Sumber: Antara

Berita Terkait