DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Piala AFF U19 2024: Gol Jens Raven Bawa Indonesia Juara

image
Jens Raven (kanan) usai mencetak gol ke gawang Thailand di pertandingan final Piala AFF U19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Senin 29 Juli 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Gol dari penyerang Jens Raven membawa Indonesia menang 1-0 melawan Thailand di final sekaligus menjadi juara Piala AFF U19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin 29 Juli 2024.

Indonesia memperoleh peluang pertama menit ke-13 melalui bola tendangan dari Arlyansyah Abdulmanan, namun diblok bek Thailand.

Satu menit kemudian, Thailand membalas dan hampir mencetak gol setelah bola tendangan Thanawut Phocai membentur tiang gawang Indonesia.

Baca Juga: Piala AFF U19: Singkirkan Australia di Semifinal, Thailand ke Final

Senjata rahasia yang sejauh ini menjadi mesin gol Indonesia, yaitu skema bola mati kembali berjalan dengan baik yang bermula dari sepak pojok Muhammad Kafiatur pada menit ke-17, bola ditanduk tipis oleh Kadek Arel.

Bola sundulan Kadek itu lalu diteruskan oleh Jens Raven sehingga tercipta gol ke gawang Thailand. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Indonesia memburu gol keduanya setelah unggul satu gol di mana pada menit ke-28, melalui aksi individu, Raven mendapat ruang untuk menembak. Namun, bola tendangan pemain bertinggi tubuh 1,89 meter itu masih melambung.

Baca Juga: Piala AFF U19 2024: Gol Tunggal Muhammad Alfharezzi Buffon Bawa Indonesia ke Final Melawan Thailand

Di menit ke-36, Thailand mendapat kesempatan untuk menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas. Namun, eksekusi Piyawat Petra yang berhasil melewati pagar hidup masih digagalkan tiang gawang.

Di akhir babak pertama, giliran Indonesia mendapat peluang yang sama. Namun, bola tendangan pemain pengganti Toni Firmansyah melebar.

Skor babak pertama pun berakhir dengan 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Baca Juga: Piala AFF U19 2024: Indonesia Melawan Thailand di Final Disiarkan Langsung Oleh SCTV dan Streaming Vidio Senin Malam

Memasuki babak kedua, Welber Jardim ditarik keluar untuk digantikan Figo Dennis, karena cedera.

Thailand mendapat beberapa peluang di 25 menit pertama.

Menit ke-71, Indra Sjafri menarik keluar dua pemain karena mendapat cedera setelah Raven dan Muhammad Mufli Hidayat tak sanggup melanjutkan pertandingan. Mereka digantikan Arkhan Kaka dan Mufdi Iskandar.

Baca Juga: Piala AFF U19 2024: Australia Peringkat Ketiga

Setelah kehilangan beberapa pemain inti, tempo permainan Indonesia menurun. Sebaliknya, Thailand yang mengincar gol penyama kedudukan terus-terusan menguasai jalannya laga.

Namun, usaha Thailand gagal membuah gol karena tak sanggup menembus pertahanan Indonesia yang kokoh. Keunggulan satu gol pun bertahan hingga pertandingan berakhir.

Susunan pemain

Indonesia: Ikram Algiffari, Kadek Arel, Muhammad Alfharezzi Buffon, Iqbal Gwijangge, Riski Afrisal, Arlyansyah Abdulmanan, Jens Raven, Muhammad Kafiatur, Welber Jardim, Dony Tri Pamungkas (C), Muhammad Mufli Hidayat. Pelatih: Indra Sjafri

Thailand: Kittipong Bunmak (C), Pikanet Laohawiwat, Jhetsaphat Khuantanom, Singha Marasa, Thanawut Phocai, Caelan Tanadon Ryan, Thanakrit Chotmuangpak, Siradanai Phosri, Piyawat Petra, Pakawat Taengoakson, Phongsakon Sangkasopha. Pelatih: Emerson Pereira Da Silva ***

Berita Terkait