DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Badan Pengelola Migas Aceh Bentuk Satgas Pemeriksaan Bersama untuk Mengaudit Kegiatan Hulu Migas

image
Ilustrasi - Sumur pengeboran migas di Aceh (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa)

ORBITINDONESIA.COM -  Badan Pengelola Migas Aceh atau BPMA secara resmi membentuk Satuan Tugas (satgas) Pemeriksaan Bersama II untuk melakukan audit kegiatan hulu migas di wilayah kewenangan daerah itu.

“Alhamdulillah, setelah melewati proses panjang, Satgas pemeriksaan bersama II bisa terealisasi dan segera bisa melaksanakan tugasnya," kata Kepala BPMA Teuku Mohamad Faisal, di Banda Aceh, Rabu, 24 Juli 2024.

Satgas pemeriksaan bersama II wilayah kewenangan Aceh yang baru dibentuk tersebut melibatkan unsur Pemerintah Aceh melalui Inspektorat Aceh, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Baca Juga: Pertamina EP Zona 7: Temuan Cadangan Migas di Jawa Barat Masih Dalam Evaluasi Teknis

T Faisal mengatakan keberadaan Satgas tersebut merupakan salah satu bagian penting dalam pengawasan dan pengendalian kegiatan hulu migas di Aceh.

Dirinya menyampaikan, dalam melakukan pemeriksaan, pasti akan menghadapi berbagai tantangan, seperti kesulitan akses data migas Aceh di masa lalu, karena di antaranya ada masa konflik.

"Kita optimistis, dengan dukungan lintas instansi, pemeriksaan ini dapat terlaksana dengan baik, sehingga berdampak pada meningkatnya kepercayaan publik terhadap industri hulu migas," ujar T Faisal.

Baca Juga: SKK Migas dan Mubadala Energy Berhasil Eksplorasi Migas Kedua Tangkulo-1 di South Andaman Aceh

Dalam kesempatan ini, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh Zulkifli, menyoroti pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan pendapatan dari sektor minyak dan gas bumi.

"Apalagi, Aceh merupakan daerah penghasil migas yang signifikan memiliki peran penting dalam menyumbang pendapatan negara," kata Zulkifli.

Zulkifli juga menekankan dalam upaya mengoptimalkan penerimaan negara dari sektor migas, maka diperlukan sinergi serta kolaborasi yang kuat antar berbagai pihak.

Baca Juga: LEMIGAS Kementerian ESDM Gelar Uji Profisiensi Laboratorium untuk Ikut Berikan Jaminan Mutu

Menurutnya, pembentukan Satgas Pemeriksaan Bersama II Wilayah Aceh ini juga salah satu langkah strategis yang diambil pemerintah.

"Satgas ini untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antarlembaga, meningkatkan efektivitas pemeriksaan dan optimalisasi penerimaan negara dari sektor hulu migas di Aceh," demikian Zulkifli.***
 

Sumber: Antara

Berita Terkait