DECEMBER 9, 2022
Internasional

Konferensi Simulasi PBB, AYIMUN ke-14 Siap Digelar di Kuala Lumpur Malaysia pada 2-5 Agustus 2024

image
Asia Youth International Model United Nations atau AYIMUN. (ANTARA/HO-AYIMUN)

ORBITINDONESIA.COM - Asia Youth International Model United Nations atau AYIMUN ke-14 yang mengusung tema “Accelerating Global Cooperation: Collaborations Beyond Borders” siap digelar di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2-5 Agustus mendatang.

AYIMUN adalah konferensi simulasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertujuan menginspirasi generasi muda dalam memahami diplomasi internasional, keterampilan, negosiasi serta kepemimpinan global.

Tema AYIMUN tahun ini menekankan pentingnya kerja sama global yang melampaui batas untuk mendorong pembangunan dan inovasi. Diskusi dan simulasi akan mengeksplorasi bagaimana kerja sama internasional dapat mengatasi tantangan global secara efektif, demikian menurut siaran pers AYIMUN di Jakarta pada Senin.

Baca Juga: Palestina Minta Semua Negara dan PBB Tinjau Ulang Hubungan dengan Israel Pasca Putusan ICJ

Pada AYIMUN sebelumnya, sebanyak 593 peserta dari 39 negara hadir pada forum tersebut dan tahun ini 28 negara sudah mengonfirmasi kehadiran mereka.

AYIMUN ke-14 akan menghadirkan enam council dengan tema sebagai berikut: UNICEF: Improving Global Health Access for Maternal, Infant, and Young Child Nutrition, UNESCO: The Implementation of Digital Transformative Collaboration for Education, UNHCR: Facing Uncertainty: Access to Job and Financial Services, WTO: Geopolitical Conflicts: Free Trade Agreement and Its Challenges, INTERPOL: Fighting Against Money Laundering and Terrorism Financing, WHO: Impact of Climate Change on Human Health and the Health Sector.

Acara tersebut juga akan dihadiri Sekretaris Jenderal AYIMUN ke-14, Elliot Bonfils dari Prancis.

Baca Juga: Sekjen PBB Antonio Guterres Akan Serahkan Opini Hukum Mahkamah Internasional ke Majelis Umum

Program AYIMUN tidak hanya untuk siswa SMA saja, namun juga mahasiswa perguruan tinggi dan fresh graduates. Sejumlah sekolah asal Indonesia yang menjadi alumni delegasi AYIMUN antara lain SMAN 26 Jakarta, SMAS Cendana Mandau, SMA Sekolah Alam Cikeas, Wycherly International School, Mahidol Wittayanusorn School, Sekolah Cikal Amri Setu dan Thursina IIBS Pendidikan.

Selain itu juga Dwiwarna Senior High Boarding School, Nizamia High School (NHS), SMAIT Nurul Fikri, Golden Gate Senior High School, SMA Budi Cendekia Islamic School, Sinarmas World Academy, Erudio Indonesia dan sejumlah sekolah lainnya.

AYIMUN dan berbagai program International Global Network lainnya telah menjadi platform bagi sekitar 21.000 pemuda untuk memahami lebih dalam tentang dinamika hubungan internasional dan masalah global.

Baca Juga: Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini Minta PBB Konsekuen dan Harus Usir Israel dari Wilayah Palestina

International Global Network adalah organisasi yang bertujuan menginspirasi dan memberdayakan generasi muda melalui kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan, termasuk konferensi Model United Nations.***

Sumber: Antara

Berita Terkait