DECEMBER 9, 2022
Internasional

Pakar Keamanan Pertanyakan Atap yang Tak Aman, Tempat Pria Bersenjata Menembaki Rapat Umum Donald Trump

image
Grafis lokasi penembakan Donald Trump. Anehnya, atap gedung yang dekat dengan panggung justru tidak dijaga (Foto: CNN)

ORBITINDONESIA.COM - Dua mantan agen FBI menyatakan keterkejutannya, karena atap tempat seorang pria bersenjata melepaskan beberapa tembakan ke arah rapat umum Donald Trump tidak diamankan, mengingat betapa dekatnya lokasi tersebut dengan panggung.

Pihak berwenang mengatakan, atap gedung tempat pria bersenjata melepaskan tembakan berada tepat di luar tempat mantan Presiden Donald Trump mengadakan rapat umum pada hari Sabtu, 13 Juli 2024.

Analisis CNN menunjukkan atap tersebut berjarak sekitar 400 hingga 500 kaki (120 hingga 150 meter) dari Donald Trump.

Baca Juga: Ketua DPR AS Mike Johnson Janjikan Akan Lakukan Investigasi Penuh atas Penembakan Donald Trump

FBI mengidentifikasi pria bersenjata itu sebagai Thomas Matthew Crooks, 20, dari Bethel Park, Pennsylvania. Dia dibunuh oleh agen Dinas Rahasia.

Steve Moore, pensiunan agen khusus pengawas FBI yang bekerja sebagai penembak jitu selama dua tahun, mengatakan kepada CNN bahwa atap seharusnya dijaga.

Pensiunan agen lapangan FBI lainnya, Bobby Chacon, juga mengatakan kepada CNN pada hari Minggu, 14 Juli 2024 bahwa dia terkejut tidak ada seorang pun yang menjaga atap, yang dia sebut sebagai “tempat bertengger yang sempurna.”

Baca Juga: Agen Khusus FBI Kevin Rojek: Mengejutkan, Pria Menembak Trump Beberapa Kali, tapi Petugas Tak Menyadari Posisinya

“Gedung itu… adalah gedung yang paling dekat dengan garis pandang yang jelas ke tempat panggung itu berada. Saya terkejut karena tidak ada orang di atap itu,” kata Chacon.

Moore mengatakan bahwa “fakta bahwa seseorang membiarkan atap itu tidak diawasi, tidak dijaga” bisa jadi merupakan kesalahan dalam perencanaan atau pelaksanaan.

“Mereka bisa saja merencanakan atap itu dan mungkin terjadi sesuatu dalam perencanaan atau pelaksanaan rencana tersebut sehingga tidak dijaga,” katanya.

Baca Juga: Siapa Sebenarnya Thomas Matthew Crooks, si Penembak Beruntun Mantan Presiden AS Donald Trump

Meskipun agen Dinas Rahasia mungkin telah diberitahu tentang lokasi penembak, mereka mungkin memiliki “pandangan yang sangat terhalang,” tambah Moore.

“Anda tidak bisa hanya mengatakan, ‘Oh, ada seseorang di atas atap’ dan menembak mereka,” kata Moore. “Apa yang akan mereka lakukan adalah mencari, menunggu, sampai mereka melihat senjata. Masalahnya adalah, di area atap itu, mungkin ada dinding kecil yang menutupinya, menyembunyikannya.”

Moore mengatakan dia mengharapkan adanya “perubahan drastis” dalam prosedur keamanan akibat penembakan tersebut, termasuk memperluas perimeter dan mengamankan tempat unjuk rasa dengan lebih hati-hati.

Baca Juga: Perkembangan Terakhir Investigasi Penembakan Mantan Presiden AS Donald Trump, Berikut Ini Datanya

“Ada terlalu banyak cara untuk memperbaiki situasi tersebut,” kata Moore. “Bisa dikatakan, dinas rahasia harus benar setiap saat, setiap kampanye setiap kandidat setiap bulan, setiap tahun, mereka harus sempurna. Orang jahat hanya perlu beruntung atau benar satu kali saja. Jadi itu akan terjadi, Anda hanya ingin menghilangkan sebanyak mungkin cara agar hal itu bisa terjadi.”***

Sumber: CNN

Berita Terkait