DECEMBER 9, 2022
Olahraga

MotoGP Belanda: Bagnaia Juara

image
Arsip - Pembalap Ducati Italia Francesco Bagnaia (depan) di Grand Prix Spanyol di arena pacuan kuda Jerez, 28 April 2024. (ANTARA/AFP/Jorge Guerrero)

ORBITINDONESIA.COM - Pembalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia tampil sempurna dengan menjadi juara MotoGP Belanda 2024 yang berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu 30 Juni malam WIB.

Bagnaia tak menemui banyak kendala usai memulai balapan dari pole position.

Ia meraih gelar juara tiga kali beruntun di Assen usai mencatatkan waktu tercepat 40 menit 07,214 detik.

Baca Juga: MotoGP Belanda: Disiarkan Langsung Oleh Trans7 dan Live Streaming Vidio Minggu malam WIB

Balapan dimulai dengan Bagnaian yang tampil mendominasi sejak start dengan melaju memimpin balapan.

Kejadian tidak menyenangkan harus dialami Alex Rins yang mengalami insiden terjatuh dan terpental di gravel sehingga membuatnya tak bisa melanjutkan balapan.

Balapan tersebut juga menyajikan keseruan ketika Jorge Martin yang start di posisi kelima langsung menempel ketat Pecco dengan menempati posisi kedua. Jorge Martin yang tak mampu mengejar ketertinggalan dari Pecco mencoba terus menjaga posisinya di urutan kedua.

Baca Juga: MotoGP Belanda: Bagnaia yang Tercepat di Sprint Race

Sedangkan perebutan tempat ketiga terjadi begitu sengit saat Marc Marquez harus turun satu posisi usai terkena manuver Di Giannantonio. Bastianini yang berada di belakang mampu memanfaatkan situasi dengan menyalip Pedro Acosta.

Di lap ke-19, Bagnaia masih memimpin dengan posisi secara berurutan ditempati oleh Martin, Vinales, Marc Marquez, Bastianini.

Drama terjadi di lap terakhir usai Pedro Acosta kehilangan cengkeraman ban dan terjatuh, sementara Marc Marquez melakukan manuver untuk mengambil alih posisi Vinales di posisi keempat.

Baca Juga: MotoGP Belanda: Jorge Martin Dikenai Penalti Turun 3 Grid

Hingga balapan berakhir, tidak ada perubahan posisi dengan Pecco, Martin, dan Bastianini mengamankan podium di sirkuit yang dijuluki "Cathedral of Speed" tersebut.

Hasil MotoGP Belanda

1. Francesco Bagnaia
2. Jorge Martin
3. Enea Bastianini
4. Marc Marquez
5. Fabio Di Giannantonio
6. Maverick Vinales
7. Brad Binder
8. Alex Marquez
9. Raul Fernandez
10. Franco Morbidelli
11. Jack Miller
12. Fabio Quartararo
13. Johann Zarco ***

Berita Terkait