DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Jemaah Salat Iduladha di Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Melimpah Hingga ke Halaman

image
Suasana shalat Iduladha di Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu, 16 Juni 2024. ANTARA/Fath Putra Mulya

ORBITINDONESIA.COM - Jemaah salat Iduladha di Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu, 16 Juni 2024 melimpah hingga ke bagian luar masjid.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lokasi Masjid Al-Azhar, salat Iduladha mulai sekitar pukul 07.10 WIB dan selesai sekitar pukul 07.25 WIB.

Kepala Kantor Masjid Al-Azhar Tatang Komara menjelaskan bahwa Masjid Al-Azhar dan lingkungannya bisa menampung 12.000 hingga 13.000 orang.

Baca Juga: Nama Quraish Shihab Dalam Kitab al-Azhar

"Masjid dan aula serta lingkungannya bisa menampung 12.000 sampai 13.000 orang, insyaallah. Kamis siapkan baik sarana sampai ke pengeras suara insyaallah akan terdengar," kata Tatang ditemui sebelum pelaksanaan salat Iduladha.

Tatang mengatakan bahwa pelaksanaan salat Iduladha pada tanggal 16 Juni 2024 ialah karena Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar merujuk pada pelaksanaan wukuf di Arafah.

"Kepanjangan dari kebijakan pengurus YPI Al-Azhar untuk Iduladha 1445 Hijriah, kami bersepakat atas informasi dari Arab Saudi berkaitan dengan wukuf di Arafah itu jatuh pada tanggal 15 Juni 2024, tentunya keesokan harinya 'kan Iduladha. Maka, kami menetapkan untuk salat Iduladha kali ini adalah pada tanggal 16 Juni 2024, hari Ahad," kata Tatang.

Baca Juga: Mahasiswa Indonesia di Al-Azhar Mesir Serukan Demokrasi Bermoral dan Beretika

Selain itu, kata Tatang, pelaksanaan salat Iduladha pada hari ini juga berdasarkan kesepakatan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

"Tentu juga berdasarkan atas kesepakatan OKI yang sudah lama bersepakat untuk mengikuti wukuf di Arafah," katanya.

Sementara itu, penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan pada hari Senin, 17 Juni 2024 di lapangan belakang Masjid Al-Azhar. Daging kurban dibagikan kepada masyarakat maupun karyawan YPI Al-Azhar.

Baca Juga: KAI Semarang Operasikan KA Kaligung Tambahan Relasi Semarang-Tegal Saat Libur Iduladha 2024

"Masjid, alhamdulillah sudah menampung sapi 13 ekor dan kambing 25 ekor," ucap Tatang.

Tema yang diangkat Masjid Al-Azhar pada Iduladha 1445 Hijriah, lanjut dia, berkaitan dengan Palestina.

"Kami kaitkan sesuai dengan napas Iduladha ada pengorbanan. Maka, sekarang kami lebih mengarah pada bagaimana umat Islam punya empati, empati kepada sesama untuk berkorban tentunya secara pikiran, materi, bagaimana saudara kita Palestina merdeka," ujarnya. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait