DECEMBER 9, 2022
Internasional

CNN: Tentara Ukraina Keluhkan Kemampuan Tank M1 Abrams AS di Medan Tempur Melawan Rusia

image
Ilustrasi - Tank M1A1 Abrams terlihat di Puslatpurmar 5 Baluran, Situbondo, Jawa Timur, pada 6 September 2023. (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/nz)

ORBITINDONESIA.COM - Tentara Ukraina, yang menjadi kru perawatan tank M1 Abrams yang dipasok Amerika Serikat, mengatakan banyak masalah timbul dalam penggunaan kendaraan lapis baja itu di medan perang, menurut laporan CNN pada Rabu, 29 Mei 2024.

Menurut tentara Ukraina, kendaraan perang seharga 10 juta dolar AS (sekitar Rp162,24 miliar) per unit itu tidak cukup melindungi awaknya dari serangan senjata modern seperti drone.

Seorang anggota kru Ukraina mengatakan bahwa tank M1 Abrams telah menjadi "sasaran nomor satu" pasukan Rusia.

Baca Juga: Menhan Rusia Sergei Shoigu: NATO Kerahkan 33 Ribu Prajurit, 300 Tank, dan 800 Lapis Baja Dekat Perbatasan Kami

Tank-tank tersebut tampaknya mengalami sejumlah masalah teknis, termasuk kondensasi, yang memengaruhi komponen elektroniknya.

Menurut mereka, Abrams tidak cocok dipakai untuk situasi di Ukraina, yang kurang didukung oleh kekuatan udara dan artileri untuk menyerang sebelum tank dan pasukan darat bergerak maju.

AS telah mengerahkan 31 unit Abrams di Ukraina, yang digunakan di medan tempur di wilayah timur.

Baca Juga: 100 Tank Bantuan Denmark, Jerman, Belanda untuk Ukraina Tak Berfungsi Akibat Suku Cadang Hilang

Permintaan Ukraina untuk mendapatkan tank-tank itu dinilai kontroversial, karena kendaraan tersebut memerlukan rantai pasokan dan pemeliharaan yang rumit. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait