DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Liga Champions Asia: Menang Melawan Yokohama Marinos, Al Ain Juara

image
Pemain Al Ain bersama trofi juara Liga Champions Asia. (AFP/GIUSEPPE CACACE)

ORBITINDONESIA.COM - Klub Uni Emirat Arab, Al Ain menjadi juara Liga Champions Asia 2023/2024 setelah menang 5-1 melawan klub asal Jepang Yokohama Marinos di leg kedua final di Stadio Hazza bin Zayed, Uni Emirat Arab, Sabtu 25 Mei 2024 malam WIB.

Tim asuhan Hernan Crespo ini membalik kekalahan 1-2 di leg pertama dan menang melawan Yokohama asuhan Harry Kewell dengan agregat 6-3.

Di leg kedua, Al Ain bangkit dan menang dengan skor telak 5-1 berkat dua gol Soufiane Rahimi, Kodjo Fo-Doh Laba dan satu gol dari Alejandro "Kuka" Romero.

Baca Juga: Liga Champions: Mats Hummels Bawa Borussia Dortmund ke Final

Ini adalah gelar AFC Liga Champions kedua Al Ain setelah menjuarainya pada tahun 2002/1003, demikian yang dikutip dari laman resmi AFC.

Al Ain langsung mengambil inisiatif menyerang dengan mencetak gol melalui Soufiane Rahimi menit kedelapan. Dia mencetak gol tap in dari operan backheel cantik Yahia Nader.

Keunggulan tim asal Uni Emirat Arab itu bertambah menjadi 2-0 pada menit ke-33 via penalti Alejandro Romero alias Kuka.

Baca Juga: Liga Champions: Disiarkan Langsung SCTV Kamis Dini Hari WIB, Real Madrid Melawan Bayern Muenchen

Yokohama Marinos terkena hukuman penalti karena Shinnosuke Hatanaka membuat pelanggaran di kotak penalti. Bola hasil tendangan kaki kiri Kuka masuk menjadi gol.

Yokomama mencetak gol melalui Yan Matheus pada menit ke-40. Matheus mencuri bola dari penguasaan pemain belakang Al Ain sebelum menceploskan bola ke gawang memakai kaki kiri.

Yokohama bermain dengan 10 orang pada masa injury time babak pertama.

Baca Juga: Liga Champions: Real Madrid Melaju ke Final Melawan Borussia Dortmund

Kiper mereka, William Popp keluar lapangan setelah menerima kartu merah. Popp, yang tinggal berhadapan satu lawan satu, mencoba menjegal Soufiane Rahimi di depan kotak penalti sewaktu berlangsung serangan balik.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan Al Ain untuk mencetak gol tambahan pada ke-67.

Soufiane Rahimi mencetak gol ke-13 musim ini di AFC Champions League melalui sebuah sepakan kaki kiri ke arah tiang dekat. Torehan Rahimi itu mengantar Al Ain unggul 3-1 dan unggul 4-3 secara agregat.

Baca Juga: Liga Champions Asia: Hernan Crespo dan Harry Kewell akan Berhadapan di Leg Pertama Final

Yokohama Marinos mencoba untuk mengejar ketertinggalannya, tetapi kalah jumlah pemain membuat mereka sulit untuk membangun serangan.

Yokohama Marinos kembali kemasukan pada masa injury time atau menit ke-90+1.

Kodjo Fo-Doh Laba memanfaatkan kesalahan kiper pengganti Yokohama, Fuma Shirasaka dan menceploskan bola ke gawang yang kosong. Kedudukan menjadi 4-1.

Baca Juga: Liga Champions Asia: Yokohama Marinos Menang Melawan Al Ain di Leg Pertama Final

Masih belum puas, Al Ain mencetak gol kelima mereka melalui sontekan jarak dekat Laba untuk mengubah skor menjadi 5-1. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait